Yuk Kita Mengenal Apa Itu NFC pada Smartphone

Banyak yang bertanya apa itu nfc pada smartphone. Ya, fitur yang kini telah dipasang di setiap hp android. Kebanyakan HP sekarang dilengkapi dengan fitur tersebut. Di mana kegunaan utamanya adalah untuk cek saldo e-toll.

Tentu istilah NFC sudah tak asing lagi bagi Anda penggemar gadget. Khususnya para pengguna smartphone kelas flagship dan mid-range.

Karena fitur ini disematkan di setiap HP, maka tak heran kalau sebagian besar aktivitas mulai menggunakan teknologi NFC.

Bukan hanya untuk cek saldo saja, nfc pada smartphone juga memiliki fungsi lain. Seperti yang kita ketahui bahwa NFC berhubungan dengan aplikasi pembayaran digital berbasis nirkontak (contactless). Contohnya seperti Apple Pay atau Samsung Pay.

Apa Itu NFC pada Smartphone?

AFC (Near Field Communication) adalah sebuah teknologi atau fitur yang disematkan pada ponsel smartphone untuk digunakan dalam berinteraksi pada jarak dekat. NFC hanya bisa beroperasi atau bisa digunakan maksimal radius 4 cm. Di mana fitur ini menyediakan koneksi nirkabel antara smartphone dengan perangkat lainnya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa NFC ini bisa digunakan ketika dua perangkat ditempelkan. Ya, kalau kalian ingat infrared pada di HP jadul. Bisa dibilang kalau NFC adalah inovasi dari teknologi Infrared.

Namun, untuk menjalankan fitur NFC pada smartphone dibutuhkan dua perangkat yang kompatibel di mana salah satunya berperan sebagai tranmitter penangkap sinyal atau pesan.

Perlu diingat, kalau NFC tidak ketergantungan oleh jaringan internet seperti Wi-Fi, 3G, LTE, dan sebagainya. Bahkan untuk menggunakan fitur ini bisa dilakukan secara gratis alias tanpa pulsa dan data internet.

Dua perangkat yang kompatibel ini merupakan perangkat aktif dan pasif, di mana perangkat pasif ini adalah perangkat transmitter yang tugasnya sebagai pengirim informasi. Perangkat ini bisa menggunakan kartu uang elektronik. Perangkat ini pun tidak membutuhkan daya sama sekali.

Mungkin tak sedikit dari kita yang tak menyadari adanya teknologi NFC pada kartu kredit kita. Ya, jika kita sadar kalau di setiap kartu kredit kita terdapat tiga garis legkung, dan itulah teknologi NFC.

Kini teknologi tersebut juga disematkan di setiap HP android. Sehingga pengguna smartphone pun bisa menggunakan layanan Google Pay contohnya.

Perangkat pasif pun tak perlu mengolah informasi yang diterimaKarena perangkat pasif memiliki sifat dependen yang aktif ketika terhubung dengan perangkat lainnya saja.

Beda halnya dengan perangkat aktif seperti smartphone contohnya. Di mana perangkat aktif bisa menerima maupun mengirim informasi ke perangkat lainnya. Di sinilah fungsi NFC pada smartphone yang bisa kita gunakan dalam menjalani aktivitas pembayaran digital.

NFC untuk Pembayaran Non Tunai

Karena fitur NFC pada smartphone tidak membutuhkan data internet, maka fitur ini bisa digunakan untuk melakukan pemayaran non tunai (cashless). Artinya, kita hanya tinggal tempel saja ke perangkat pembayaran yang disediakan kasir, maka secara otomatis, kita sudah melakukan pembayaran.

Sama hal nya seperti saat kita menggunakan E-Toll. Di mana kita membayar tol dengan menggunakan kartu elektronik. Begitu juga dengan nfc pada smartphone, yang mana kita menggunakannya dan ditempel ke perangkat transmitter. Kebanyakan yang menggunakan fitur ini adalah Apple dan Google.

Selain Apple dan Google, ternyata beberapa smartphone android mulai mengenalkan dan menggunakan teknologi NFC. Salah satunya Samsung. Bahkan Samsung sempat membuat iklan ponsel sebagai ajang promosi fitur NFC pada smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *