Ini Dia Fitur Utama Snapdragon 888 yang Baru dirilis Qualcomm

Setelah resmi diumumkan, Qualcomm membeberkan kehebatan chipset flagship terbarunya. Berikut ini fitur utama Snapdragon 888 yang bakal jadi otak dari Xiaomi Mi 11, Oppo Find X3 dan lain-lain.

“Flagship Snapdragon 888 Mobile Platform terbaru memungkinkan OEM untuk membedakan perangkat-perangkat mereka dan memberikan pengguna pengalaman teknologi-teknologi mobile tercanggih,” klaim Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute and Infrastructure, Qualcomm Technologies.

Performa

Snapdragon 888 dirancang teknologi proses 5nm, memberikan performa kencang namun tetap efisien dalam konsumsi data. Chip ini hadir dengan CPU Kryo 680 yang menjanjikan peningkatan hingga 25% dari pendahulunya dan mampu menembus kecepatan 2.84GHz.

Snapdragon 888 juga merupakan CPU subsystem komersil pertama yang berbasis Arm Cortex-X1. Qualcomm memasangkan GPU Adreno 660 yang membawa peningkatan performa hingga 35% dalam rendering grafis dibanding generasi sebelumnya.

Koneksi

Snapdragon 888

Tersemat di dalamnya Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga yang terintegrasi memungkinkan dukungan 5G sub-6 carrier aggregation dan mmWave untuk memberikan kecepatan 5G tercepat secara komersial di dunia saat ini, hingga 7.5 Gbps. Modem-RF System juga mendukung cakupan luas pada seluruh jaringan utama di dunia secara virtual berkat penggunaan teknologi Dynamic Spectrum Sharing.

Snapdragon 888 juga memiliki keunikan dalam mendukung Global 5G multi-SIM, memungkinkan roaming internasional, pengaturan nomor personal dan nomor yang berhubungan dengan pekerjaan dalam ponsel yang sama, atau mengoptimalkan biaya bulanan. Tak hanya itu saja, platform ini juga menyertakan Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System yang baru diluncurkan.

Menghadirkan koneksi Wi-Fi 6 dengan kecepatan hingga 3.6 Gbps, serta kapasitas 6 GHz dengan Wi-Fi 6E. FastConnect 6900 juga membawa kelas baru pada audio yang tajam, dapat diandalkan, dan responsif berkat dukungan Bluetooth 5.2, antena dual Bluetooth, Qualcomm aptX suite, penyiaran audio dan optimalisasi modulasi dan coding.

AI

Snapdragon 888

Snapdragon 888 membawa peningkatan arsitektur terbesar pada AI. Qualcomm AI Engine generasi keenam yang telah dirancang ulang sepenuhnya dengan Qualcomm Hexagon 780 processor terbaru memberikan pengalaman premium yang mengombinasikan AI dengan kamera profesional, voice assistant pribadi, elite gaming, konektivitas super cepat dan lainnya.

Snapdragon 888 memberikan efisiensi daya dan performa terdepan di industri hingga peningkatan tiga kali performance per watt dibanding generasi sebelumnya. Semua berkat 26 TOPS.

Platform ini ditingkatkan lebih jauh dengan Qualcomm Sensing Hub generasi kedua, yang mengintegrasikan prosesor AI rendah daya khusus untuk penggunaan seperti screen awake, deteksi pergerakan dan aktivitas lainnya, dan deteksi audio event.

Semua dimungkinkan dengan kesadaran kontekstual dan mengombinasikan aliran data baru, seperti 5G, WiFi, dan Bluetooth. Terlebih lagi, software Qualcomm AI Engine Direct terbaru akan menyediakan fleksibilitas bagi pengembang untuk menjalankan aplikasi on- device generasi selanjutnya yang ditenagai oleh AI pada kinerja maksimum.

Kamera

Snapdragon 888 mengubah perangkat mobile menjadi kamera berkualitas profesional. Membawa Qualcomm Spectra 580 ISP, platform ini adalah Snapdragon pertama dengan Triple Image Signal Processor (ISP), yang mampu menangkap gambar dari tiga kamera bersamaan pada kecepatan processing yang sangat cepat-hingga 2,7 gigapixels per second.

Snapdragon 888

Pengguna juga dapat menikmati penangkapan gambar burst 120fps untuk menangkap foto aksi dengan sangat cepat dan resolusi tinggi, atau menangkap tiga video berkualitas 4K HDR dalam waktu bersamaan. Fitur perekaman 4K HDR yang baru dengan tangkapan komputasi video HDR memberikan peningkatan dramatis pada warna, kontras, dan detail.

Qualcomm Spectra 580 ISP juga memperkenalkan arsitektur cahaya minim, untuk foto yang lebih terang, bahkan pada situasi mendekati kegelapan total. Selain itu, juga terdapat penangkapan foto dengan kedalaman warna 10-bit pada format HEIF- agar Anda dapat menangkap foto dengan lebih dari miliaran pilihan warna.

Snapdragon 888 disenjatai dengan Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang lengkap. Pengguna dapat merasakan permainan yang sangat lancar pada kualitas

Gaming

grafis HDR tertinggi, dengan kemampuan desktop-level. Chip ini membawa Variable Rate Shading (VRS) untuk pertama kalinya dalam perangkat mobile.

Dalam perbandingan dengan generasi pendahulunya, VRS meningkatkan game rendering hingga 30% untuk pengalaman paling imersif pada mobile hingga saat ini, sementara terus meningkatkan daya. Qualcomm Game Quick Touch meningkatkan tingkat respon hingga 20%, menurunkan sentuhan latensi secara dramatis dan memberikan keunggulan dalam multiplayer games. Dengan kecepatan dan rendah latensi pada penggunaan 5G dan Wi-Fi 6, gamers dapat bersatu atau berkompetisi secara real-time dalam kompetisi global yang tak tertandingi.

Keamanan

Snapdragon 888 mencakup beberapa rancangan keamanan untuk menjaga privasi data pengguna dalam perangkat, termasuk Qualcomm Secure Processing Unit,
Qualcomm Trusted Execution Environment, dan dukungan untuk Qualcomm Wireless Edge Services

Snapdragon 888 membawa Type-1 Hypervisor baru, yang memberikan cara baru untuk mengamankan dan mengisolasi data di antara aplikasi dan beberapa sistem operasi secara bersamaan. Sebagai tambahan, dengan berkolaborasi dengan Truepic, Snapdragon 888 dapat menangkap foto yang terkunci secara kriptografis yang mendukung standar Content Authenticity Initiative, sebuah standar terbuka untuk sumber konten digital yang dirancang oleh Adobe.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *