Inilah 5 Cara Memilih Water Cooling!

Water Cooling atau sistem pendingin merupakan hal penting dalam CPU komputer Anda. Maka dengan ini, pemilihan Water Cooling tidak boleh Anda lakukan dengan sembarangan. Nah, agar Anda bisa memilih Water Cooling yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan Anda, lakukan 5 cara memilih Water Cooling di bawah ini.

Yuk, disimak tips cara memilih Water Cooling di bawah ini!

Inilah 5 Cara Memilih Water Cooling

Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan dalam melakukan pemilihan Water Cooling yang berkualitas, disimak penjelasannya, yuk!

1.    Periksa Ruang  CPU

Dalam pemilihan Water Cooling ataupun CPU Cooler hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap ruang CPU, sehingga Anda bisa menemukan dimensi Water Cooling yang sesuai dengan CPU Anda.

Di mana jika Anda membeli pendingin udara dengan ukuran besar dan mode low-profile akan membuatnya bertabrakan dengan RAM atau bahkan heatsink VRM.

Sedangkan jika Anda memilih pendingin yang tinggi maka bisa menempel atau bahkan melebihi ukuran jendela casingnya.

Oleh karena itu Anda harus memeriksa ruang CPUnya terlebih dahulu agar dapat menemukan dimensi yang tepat.

2.    Pilih Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Cara lain yang yang bisa Anda lakukan dalam memilih Water Cooling yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti yang kita tahu terdapat dua jenis Water Cooling yang berbeda yakni Water Cooling udara dan Water Cooling air.

Anda bisa mencari tahu informasi lebih lanjutnya di internet manakah kriteria yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tak hanya itu, Anda pun bisa menemukan banyaknya variasi Water Cooling. Anda bisa menemukan Water Cooling dengan jenis Liquid Cooling berkualitas pada rekomendasi Liquid Cooling terbaik.

Yang paling penting Anda harus bisa menentukan varian mana yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Mengenal Water Cooling dan Liquid Cooling! Komponen Pendingin yang Wajib Diketahui

3.    Kipas pada Water Cooling

Kipas merupakan bagian yang tak boleh Anda lewatkan untuk Anda perhatikan, yang mana jumlah kipas pada Water Cooling dapat mempengaruhi performa kinerja Water Cooling tersebut.

Misalnya kipas pada CPU Cooler memiliki jumlah banyak maka kinerja pendinginannya lebih baik namun Anda harus mempersiapkan kedua telinga Anda, karena CPU Cooler dengan kipas banyak lebih berisik dibandingkan dengan kipas lainnya.

Maka dari itu, Anda bisa memastikan kipas yang ada pada Water Cooling tersebut sesuai atau tidak dengan penggunaan Anda.

4.    Spesifikasi Water Cooling

Tidak hanya 3 cara di atas yang bisa Anda lakukan dalam pemilihan Water Cooling, Anda pun bisa memastikan spesifikasinya terlebih dahulu.

Setiap jenis produk Water Cooling memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, maka untuk menemukan Water Cooling yang berkualitas, Anda bisa memilih spesifikasi dengan penawaran terbaiknya seperti kinerja yang ada pada  Water Cooling, fitur unggulan seperti penyesuaian cahaya dan lainnya.

5.    Sesuaikan dengan Budget

Hal terakhir yang harus Anda lakukan dalam pemilihan Water Cooling  adalah menyesuaikan dengan budget yang telah disediakan.

Penyesuaian budget ini tentu sangat penting agar tidak menimbulkan masalah pada finansial Anda.

Tidak bisa dipungkiri budget atau modal adalah salah satu faktor dalam memutuskan suatu hal.

Maka sebelum Anda membelinya pastikan budget yang disediakan sesuai dengan jenis Water Cooling yang akan dipilih.

Nah itulah 5 cara memilih Water Cooling yang berkualitas namun tidak menguras budget Anda. Lakukan cara  di atas dalam pembelian Water Cooling!

Leave a Comment