Cara Mempercepat Charging HP Android

5 Cara Mempercepat Charging HP Android Hingga 60%

Cara Mempercepat Charging HP Android – Smartphone saat ini menjadi salah satu gadget yang hampir di miliki oleh semua orang. Apalagi beberapa tahun belakangan ini, perkembangan smartphone semakin pesat. Dengan segudang fitur yang di sematkan pada smartphone, membuatnya menjadi barang elektronik yang mampu membantu dan memudahkan berbagai aktivitas manusia.

Meski perkembangan teknologi pada smartphone semakin pesat, tetapi satu masalah yang sampai saat ini belum menemukan solusi terbaiknya yaitu baterai yang cepat habis. Terlebih lagi proses pengisian baterai smartphone juga tergolong cukup lama, sehingga ini sangat menyebalkan bagi sebagian orang. Maka dari itu pada artikel ini kamu akan memberikan tips untuk cara mempercepat charging HP Android.

Baca Juga : Yuk Kita Mengenal Apa Itu NFC pada Smartphone

Cara Mempercepat Charging HP Android

Kebanyakan vendor smartphone saat ini berlomba-lomba membuat smartphone dengan kapasitas baterai besar, untuk mengatai masalah baterai yang boros. Tapi hal ini juga mengakibatkan proses pengisian daya yang sangat lama. Cara-cara di bawah ini akan membuat proses pengisian daya HP Android kamu jadi lebih cepat hingga 60%.

Jangan Gunakan HP Ketika di Isi Ulang

Cara pertama sekaligus yang paling dasar namun sering di abaikan oleh para pengguna smartphone adalah, mematikan atau tidak menggunakan sama sekali smartphone ketika sedang mengisi ulang daya. Cara ini terbukti mampu mempercepat proses pengisian daya smartphone.

Pasalnya dengan mematikan smartphone ketika sedang di isi ulang maka tidak ada aplikasi yang berjalan maupun jaringan yang terhubung dengan smartphone. Dampaknya sudah pasti proses pengisian akan lebih cepat, karena tidak ada aktivitas yang di lakukan oleh smartphone.

Gunakan Charger dengan Tegangan Tinggi

Perlu kamu ketahui jika charger smartphone pun memiliki spesifikasi yang berbeda. Jika ingin proses pengisian daya smartphone kamu lebih cepat maka sebaiknya kamu menggunakan charger yang memiliki arus listrik 2 ampere atau lebih.

Sementara itu kebanyakan charger bawaan smartphone memiliki arus listrik 1 ampere, sehingga proses pengisian jadi lebih lama. Kamu dapat membeli charger semacam ini baik itu di toko smartphone maupun di marketplace. Tapi pastikan charger yang kamu beli adalah charger asli dan bukan abal-abal.

Jangan Isi Ulang Baterai dalam Kondisi 0%

Kebiasaan penggua smartphone adalah mengisi ulang daya ketika baterai telah dalam kondisi 0% alias tidak tersisa sama sekali. Padahal cara ini justru malah mengakibatkan proses pengisian menjadi lebih lama, ketimbang mengisi daya ketika baterai masih dalam kondisi 20% atau lebih.

Mengisi daya dalam kondisi baterai 20% selain lebih cepat, juga akan berdampak baik pada kondisi baterai. Pasalnya terlalu lama mengisi daya justru akan menurunkan kualitas dan masa pakai dari baterai smartphone itu sendiri.

Charging di Tempat yang Sejuk

Mengisi ulang daya smartphone di tempat yang sejuk juga ternyata bisa mempercepat proses pengisian daya, ketimbang mengisi di tempat yang panas. Selain itu dengan mengisi ulang di tempat yang sejuk juga akan menjaga suhu baterai tetap dingin.

Sementara itu, jika kamu mengisi daya smartphone di tempat yang panas malah akan memperlambat proses pegisian. Serta yang paling berbahaya adalah kemungkinannya smartphone kamu akan mengalami overheat karena dampak dari suhu panas akibat pengisian maupun dari suhu di sekitar smartphone kamu.

Jangan Menjalankan Aplikasi Berat

Jika memang terpaksa untuk menyalakan smartphone ketika sedang mengisi ulang daya, maka sebaiknya jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi. Terlalu banyak menjalankan aplikasi berat akan berdampak pada lamanya proses pengisian daya.

Selain itu tidak di sarankan pula untuk bermain game ketika sedang mengisi ulang daya. Selain memperlambat pengisian daya, dengan bermain game berat di jamin smartphone kamu akan mengalami overheat dan itu pasti akan memberikan dampak buruk kepada baterai smartphone kamu.

Itulah beberapa cara mempercepat charging HP Android hingga 60%. Salah satu cara untuk mengatasi baterai smartphone yang cepat habis adalah sebisa mungkin kamu membawa PowerBank ke mana saja. Terutama jika kamu sedang bepergian jauh, terapkan juga cara di atas ketika kamu ingin mengisi ulang daya smartphone menggunakan PowerBank supaya proses pengisian jadi lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *