Tips Memilih Power Bank

Tips Memilih Power Bank Berkualitas dan Tahan Lama

Tips Memilih Power Bank – Seberapa sering kamu menggunakan smartphone setiap harinya? atau kamu malah termasuk orang yang tidak bisa lepas dari smartphone. Tentu saja salah satu kendala yang kerap kali di rasakan oleh para pengguna smartphone adalah baterai yang cepat sekali habis, terutama jika di gunakan untuk bermain game.

Maka dari itulah kini telah hadir sebuah teknologi yang bernama Power Bank, di mana teknologi ini berfungsi untuk menampung daya dan nantinya bisa kita gunakan untuk mengisi daya smartphone di mana dan kapan saja. Nah, bagi kamu yang sedang mencari Power Bank ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara memilih Power Bank berkualitas dan tahan lama.

Baca Juga : Rekomendasi Smartphone Gaming Terbaik di Tahun 2020

Tips Memilih Power Bank Berkualitas

Saat ini cukup banyak beredar Power Bank abal-abal di mana kapasitas baterai yang tertera di kemasan tidak sesuai dengan aslinya, tentu kamu tidak ingin sampai hal ini terjadi pada kamu kan? Maka dari itu kamu wajib tahu tips dalam memilih Power Bank berkualitas.

Tentukan Merek Power Bank

Power Bank bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran. Tapi pastikan kamu membeli Power Bank dari merek yang terkenal dan sudah teruji kualitasnya. Biasanya sebuah merek yang sudah terkenal pasti memiliki prosedur standar yang harus di penuhi sebelum produknya di lepas ke pasaran.

Tapi kamu pun harus jeli karena ada saja oknum nakal yang berbuat curang dengan cara memalsukan merek. Jika kamu menemukan produk dengan merek terkenal tetapi di jual dengan harga yang sangat murah, maka kamu perlu waspada bisa jadi itu adalah produk palsu. Oleh sebab itu sebaiknya kamu membeli di toko resminya saja agar lebih terjamin.

Ketahui Jenis Baterai yang di Gunakan

Selanjutnya kamu pun perlu mengetahui jenis baterai apa yang di gunakan pada Power Bank. Sama seperti smartphone, baterai Power Bank juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Kebanyakan Power Bank dengan harga terjangkau menggunakan jenis baterai Li-Ion (Lithium Ion).

Di mana jenis baterai ini memiliki siklus 500 kali isi ulang dan rentan meledak karena cepat panas. Sedangkan jenis baterai Li-Po (Lithium Polimer) memiliki siklus 1000 kali isi ulang dan lebih awet karena lebih stabil dan tidak gampang meledak meskipun harganya relatif lebih mahal.

Tentukan Kapasitas Baterai yang Dibutuhkan

Jangan asal beli, pastikan dahulu jika Power Bank yang kamu pilih itu memiliki kapasitas baterai dua kali lebih besar ari kapasitas baterai di smartphone kamu. Sebab perangkat semacam ini hanya akan mentransfer daya sebesar 70% sampai 80% dari total daya yang di milikinya.

Misalnya saja baterai smartphone kamu memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh, maka kamu harus membeli Power Bank dengan kapasitas baterai sebesar 10.000 mAh. Hal itu bertujuan supaya kamu bisa mengisi ulang daya smartphone sampai penuh alias 100%.

Pastikan Terdapat Fitur Proteksi

Sebuah Power Bank yang berkualitas wajib memiliki fitur Over Charging Protection dan fitur Short Circuit Protection. Di mana kedua fitur ini sangat berguna untuk melindungi smartphone dan Power Bank itu sendiri dari arus pendek listrik dan Over Charging akibat lupa melepaskan charger pengisi daya.

Pastikan Power Bank Memiliki Garansi Resmi

Kebanyakan barang elektronik pasti memiliki garansi termasuk juga Power Bank. Biasanya Power Bank memiliki garansi sekitar 6 bulan sampai 1 tahun. Jika Power Bank yang hendak kamu beli memiliki garansi hanya beberapa minggu atau bahkan hanya beberapa hari maka kamu wajib curiga bisa saja itu adalah Power Bank palsu yang memiliki kualitas jelek.

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih Power Bank yang berkualitas dan tahan lama. Jadilah konsumen yang cerdas dengan selalu memperhatikan kebutuhan serta produk yang hendak di beli. Jangan sampai kamu salah beli dan menyesal di kemudian harinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *