Tips Membeli Smartphone Bekas

4 Tips Membeli Smartphone Bekas yang Berkualitas

Tips Membeli Smartphone Bekas – Membeli smartphone bekas biasanya di lakukan oleh orang-orang yang ingin memiliki sebuah smartphone namun dana yang di miliki sangat terbatas. Biasanya mereka akan membeli smartphone bekas baik itu di toko offline maupun secara perorangan melalui marketplace.

Sayangnya banyak sekali oknum nakal yang melakukan kecurangan yakni dengan menjual smartphone bekas dengan harga yang sangat murah. Sebagai pembeli tentu kita patut curiga dengan penjual yang seperti ini. Maka dari itulah pada artikel kali ini kamu akan memberikan sedikit tips membeli smartphone bekas yang berkualitas.

Tips Beli Smartphone Bekas Berkualitas

Membeli smartphone bekas memang penuh dengan risiko, apalagi banyak jika kamu masih awam dalam hal ini pastilah kamu bisa dengan mudah di manfaatkan oleh para penjual nakal. Oleh sebab itulah kamu perlu mengetahui bagaimana cara beli HP bekas berkualitas.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan 5G Dibandingkan Jaringan Lain

1.Mengenal Smartphone yang Mau Kamu Beli

Hal pertama sekaligus paling penting ialah kamu harus mengetahu smartphone apa yang kamu butuhkan dan bukan yang kamu inginkan. Pastikan smartphone yang kamu incar itu benar-benar bisa di manfaatkan dengan maksimal dan bukan sekedar untuk gaya-gayaan saja.

Kamu bisa melihat fitur serta spesifikasi dari smartphone kamu butuhkan. Caranya adalah dengan mengunjungi langsing situs resminya atau kamu dapat menonton video review yang ada di YouTube.

2.Ketahui Harga Smartphone Bekas di Pasaran

Setelah kamu menemukan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan maka langkah selanjutnya adalah mengetahui berapa harga pasar untuk smartphone bekas yang ingin kamu beli tersebut. Jangan sampai kamu tergiur dengan embel-embel harga murah.

Kamu dapat mengecek harganya langsung ke toko ponsel atau ke marketplace. Tidak ada penjual yang menawarkan smartphone bekas dengan harga murah di bawah harga pasar, kecuali ada sesuatu atau kerusakan parah pada smartphone yang di jualnya.

3.Langsung Bertemu dengan Penjual

Supaya kamu tidak menyesal setelah membeli smartphone, ada baiknya kamu mengajak penjual untuk bertemu di suatu tempat misalnya saja cafe.  Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi dari smartphone yang di jual. Berikut ini hal-hal yang perlu untuk kamu pastikan sendiri.

  • Pastikan touchscreen pada layar dapat berfungsi dengan baik.
  • Coba isi ulang daya smartphone untuk memastikan jika charger dapat berfungsi dengan benar.
  • Pastikan SIM Card dan MicroSD Card bisa berjalan dengan baik.
  • Mainkan multimedia untuk memastikan apakah speaker masih bisa berfungsi.

Temui penjual di tempat yang ramai dan strategis. Jika memungkinkan bawalah satu teman kamu yang memang mengerti masalah spesifikasi dan segala macam mengenai smartphone untuk membantu kamu dalam mengecek kondisi smartphone.

4.Memeriksa Aksesoris Smartphone

Jika sudah mengecek kondisi smartphone kamu ingin kamu beli, maka jangan lupa juga untuk menanyakan soal kelengkapan aksesoris dari smartphone tersebut. Misalnya saja kabel USB, Earphone jika ada, Charger serta garansi jika memang masih aktif. Pastikan jika semua aksesoris tersebut memang original alias bawaan dari smartphone.

Karena biasanya ada saja penjual yang menawarkan smartphone bekas tetapi aksesoris dari smartphone tersebut tidak sama alias tidak original. Kamu patut curiga dengan barang semacam ini, karena bisa saja barang tersebut adalah barang hasil kejahatan. Pastikan juga smartphone kamu ingin kamu beli masih memiliki box.

Nah, itulah beberapa tips membeli smartphone bekas yang berkualitas. Selalu berhati-hati dan jeli dalam membeli adalah hal yang wajib untuk kamu lakukan. Terutama jika ingin membeli barang bekas, karena risikonya yang sangat besar dan bisa saja jika salah pilih malah akan membawa kerugian untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *