Kelebihan dan Kekurangan 5G

Kelebihan dan Kekurangan 5G Dibandingkan Jaringan Lain

Kelebihan dan Kekurangan 5G – Seiring dengan kemajuan teknologi, kita semua telah melihat perkembangan yang begitu pesat dari teknologi jaringan data. Di mulai dari jaringan 3G, lalu berkembang lagi menjadi 4G LTE dan kini orang-orang mulai mengenal dengan yang namanya teknologi 5G.

5G merupakan sebuah teknologi jaringan komunikasi generasi kelima, di mana di dalamnya terdapat jaringan internet yang sangat cepat melebihi jaringan pendahulunya. Untuk lebih mengenai teknologi 5G, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan 5G di bandingkan dengan jaringan lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Kelebihan Jaringan 5G

Teknologi 5G nyatanya menawarkan banyak sekali kelebihan untuk para penggunanya. Bukan hanya kecepatan saja, melainkan keamanan, kestabilan dan bandwidth pun menjadi hal yang mungkin akan membuat kamu berpaling dan beralih ke jaringan 5G ini.

1.Performa Lebih Cepat

Di kutip dari situs CNN Indonesia, menjelaskan jika teknologi 6G memiliki kecepatan serta performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi pendahulunya yaitu 4G yang dapat mencapai 100x lebih cepat. Bayangkan saja untuk mengunduh film dengan kualitas HD kamu hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, berbeda dengan jaringan 4G LTE yang membutuhkan waktu beberapa menit. Se;lain itu 5G juga memiliki kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar dibandingkan jaringan lainnya.

2.Smart Network

5G merupakan terobosan teknologi jaringan internet yang mampu untuk membaca signal telekomunikasi dengan sangat cepat. Artinya berbagai perangkat elektronik yang bisa terkoneksi dengan jaringan internet akan dapat digunakan dengan baik. Salah satu contohnya adalah teknologi AI (Artificial Intelligence) yang membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil agar bisa berjalan dengan baik.

3.Keamanan Jaringan

Selain menawarkan kecepatan dan kestabilan internet, 5G juga memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Di mana keamanan saat berselancar di internet menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk melindungi data-data penting. Apalagi internet saat ini telah merambah ke berbagai sektor mulai dari organisasi hingga pemerintahan yang tentunya membutuhkan keamanan jaringan internet.

Kekurangan Jaringan 5G

Meskipun 5G memiliki segudang kelebihan dibandingkan pendahulunya, tetapi teknologi jaringan yang satu ini juga memiliki kekurangan. Walaupun bisa di bilang wajar karena memang teknologi baru yang tentu akan mengalami pembaharuan kedepannya. Tati tetap saja ini bisa kamu jadikan pertimbangan jika ingin beralih ke jaringan 5G.

1.Jaringan yang Masih Terbatas

Masalah utama dari 5G adalah cakupan area jaringan yang masih sangat terbatas, terutama di Indonesia. Bahkan penerapan teknologi 5G di Indonesia masih sekedar wacana saja serta beku tent di tahun berikutnya teknologi yang satu ini akan benar-benar di adopsi oleh operator besar yang ada di negara ini.

2.Tarif Layanan yang cukup Mahal

Walaupun masalah tarif ini akan bergantung kepada kebijakan dari masing-masing operator seluler. Selain itu kita pun masih belum tau untuk nantinya bagaimana pasar di Indonesia, di negara maju seperti Amerika Serikat saja paket data 5G di jual dengan harga yang jauh lebih mahal ketimbang dengan paket data 4G LTE.

3.4G LTE Sudah Lebih dari Cukup

Teknologi jaringan internet 4G LTE sudah menawarkan kecepatan transfer data yang bisa di bilang sudah cukup memadai untuk di gunakan dalam berbagai hal. Selain itu para operator seluler dan produsen telepon pun mungkin akan berpikir dua kali untuk menyediakan jaringan 5G, melihat harganya yang pasti mahal dan kemungkinan hanya kalangan tertentu saja yang dapat membelinya.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan 5G dibandingkan dengan jaringan internet lainnya. Kita berharap saja jika jaringan internet tercepat untuk saat ini hadir di negara kita tercinta ini serta serta para operator seluler mau memberikan tarif harga paket data yang tidak terlalu mahal supaya kita semua bisa merasakan jaringan 5G ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *