Cara Merawat Laptop

5 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Laptop Agar Awet – Kamu pasti tidak ingin jika Laptop yang baru saja kamu beli tiba-tiba mengalami masalah atau kerusakan karena kurangnya perawatan atau perawatan yang kamu lakukan salah. Apalagi Laptop masih menjadi barang elektronik yang cukup mahal, sehingga perlu perhatian khusus dalam hal perawatan.

Sering kali para pemilik Laptop mengeluhkan jika Laptop yang di milikinya gampang sekali rusak, padahal mereka sendiri jarang sekali memperhatikan perawatan Laptop yang dimilikinya. Nah, untuk itulah dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips untuk kamu bagaimana cara merawat Laptop agar awet dan tahan lama.

Baca Juga : Inilah 5 Tips Beli Laptop Baru yang Berkualitas

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Setidaknya ada lima perawatan yang bisa kamu lakukan agar Laptop yang kamu miliki bisa bertahan lama. Tentu kamu tak mau kan bolak-balik ke tempat service Laptop dan mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memperbaiki Laptop yang rusak karena kurangnya perawatan dari kamu. Tips di bawah ini di jamin akan membuat Laptop kamu lebih tahan lama.

Jangan Letakkan Laptop di Atas Kasur

Jika kamu sering menggunakan Laptop dan meletakkannya di atas kasur, maka hilangkan kebiasaan ini mulai dari sekarang. Pasalnya kebiasaan ini akan memberikan dampak buruk untuk Laptop kamu, karena sirkulasi udara pada Laptop tidak akan berjalan dengan baik karena di letakkan di atas kasur.

Udara pembuangan akan sulit keluar karena tertahan oleh badan kasur.Akibatnya udara pembuangan akan kembali masuk ke dalam Laptop dan ini akan mengakibatkan komponen yang ada di dalam Laptop kamu menjadi panas atau overheat. Tentu hal ini sangat tidak baik jika di lakukan terlalu sering.

Rutin Membersihkan Laptop

Membersihkan Laptop juga menjadi salah satu cara merawat Laptop supaya bisa awet dan taha lama. Layaknya barang lainnya, Laptop pun tak bisa terhindar dari debu dan kotoran yang bisa menempel di seluruh bagian Laptop. Maka dari itu setidaknya seminggu sekali kamu harus membersihkan Laptop.

Untuk membersihkan debu yang menempel kamu bisa menggunakan tisu dan untuk membersihkan debu di sela-sela kecil seperti di keyboard kamu bisa menggunakan kuas kecil. Lalu jika terdapat noda yang membandel kamu bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkannya.

Install Antivirus Pada Laptop

Setelah bagian luar Laptop selesai kamu bersihkan maka berikutnya adalah membersihkan bagian dalam Laptop dari berbagai virus dan malware yang berbahaya untuk Laptop kamu. Meski Windows sudah memiliki fitur Windows Defender, tetapi fitur ini masih belum cukup untuk melindungi Laptop dari virus.

Maka dari itu kamu perlu memasang antivirus bawaan sebagai pendukung. Misalnya saja seperti Avast, KasperSky, MalwareByte, AVG, Avira dan lain sebagainya. Dengan software antivirus ini kamu bisa melindungi Laptop dari virus sekaligus membersihkan virus yang terlanjur menjangkiti Laptop Kamu.

Perhatikan Suhu Laptop

Semua barang yang dapat terhubung dengan listrik pasti akan mengalami kenaikan suhu, termasuk pula Laptop kamu. Jika Laptop di pakai terlalu lama maka akan berdampak pada kenaikan suhu, sementara itu kamu harus bisa mempertahankan suhu Laptop agar tetap dingin.

Pasalnya suhu yang terlalu panas atau overheat akan bisa merusak komponen yang ada di dalam Laptop. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu menggunakan coolingbad atau kipas angin khusus Laptop untuk menjaga suhu Laptop agar tetap dingin.

Jangan Terlalu Sering Bermain Game

Bagi orang yang hobi bermain game di Laptop, pasti ia sering lupa waktu berapa lama ia bermain game di Laptopnya. Meskipun saat ini telah banyak Laptop yang membawa embel-embel gaming, tetapi sejatinya sebuah Laptop memang tidak di desain untuk kebutuhan bermain game.

Apalagi untuk bermain game berat dalam jangka waktu yang lama. Kebanyakan kerusakan pada Laptop sering terjadi karena terlalu lama bermain game berat di Laptop. Apalagi jika Laptop yang di gunakan memiliki spesifikasi rendah namun di paksakan untuk bermain game berat tentu ini akan sangat berbahaya, karena bisa terjadi overheat.

Demikianlah pembahasan kami mengenai bagaimana cara merawat Laptop agar tetap awet. Dengan menerapkan cara-cara di atas maka Laptop kamu bisa bertahan lebih lama dan bahkan bisa bertahun-tahun penggunaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *