Cara Merawat Smartphone

Cara Merawat Smartphone Agar tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Smartphone – Smartphone menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling di miliki orang saat ini. Bahkan satu orang terkadang memiliki 2 sampai 3 smartphone, entah itu untuk kebutuhan pekerjaan ataupun hanya untuk gengsi saja. Seiring perkembangannya kini smartphone memiliki berbagai fitur yang akan memanjakan para penggunanya.

Setiap bulan selalu saja ada smartphone keluaran baru yang di rilis ke pasaran. Nah, jika kamu baru saja membeli smartphone baru tentu kamu tidak ingin jika smartphone yang baru saja kamu beli itu mengalami kerusakan bukan? Maka dari itulah kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat smartphone agar awet dan tidak cepat rusak.

Tips Merawat Smartphone Agar Awet

Melihat smartphone masih menjadi barang elektronik yang cukup mahal bagi sebagian orang. Maka wajar rasanya jika setiap orang harus mengetahui bagaimana cara merawat smartphone supaya awet dan bisa di gunakan untuk waktu yang lama.

Memakai Soft Case

Jika casing di ibaratkan sebagai baju, maka soft case bisa di ibaratkan sebagai sebuah jaket yang dapat melindungi casing dari goresan maupun benturan ketika terjatuh. Bukan hanya itu saja, soft case juga dapat melindungi smartphone dari kotoran dan debu yang kerap kali menempel di casing. Agar smartphone kamu mendapatkan pelindungan yang mamsimal maka di sarankan untuk menggunakan soft case dengan bahan material yang berkualitas.

Memakai Pelindung Layar

Setelah bagian body smartphone terlindungi dengan soft case, maka bagian lain juga tidak kalah penting untuk di lindungi adalah layar smartphone. Kamu dapat menggunakan pelindung layar untuk melindungi layar smartphone dari goresan serta kotoran akibat dari sidik jari kamu selalu menyentuh layar. Sangat di sarankan untuk menggunakan pelindung layar berkualitas, misalnya saja seperti Gorilla Glass atau Dragontrail Glass. Kedua jenis pelindung layar tersebut sangat populer dan sudah di percaya oleh banyak brand smartphone.

Letakkan di Tempat yang Aman

Akan terasa percuma semua perlindungan yang terpasang di smartphone jika kamu sendiri asal-asalan dalam meletakkan smartphone. Sebaiknya setelah kamu selesai menggunakan smartphone, taruh smartphone di tempat yang aman agar terhindar dari hal-hal yang tak di inginkan seperti terjatuh atau tertindih. Letakkan smartphone di atas meja belajar atau di tempat yang mudah untuk di temukan dan tentunya aman.

Hindari Overheat

Overhead merupakan sebuah kondisi di mana smartphone kita mengalami panas yang berlebih. Kondisi ini bisa terjadi akibat dari penggunaan yang berlebihan. Jika terlalu sering terjadi overheat maka bisa memberikan dampak yang fatal untuk komponen smartphone terutama baterai, karena dapat memperpendek masa pakai baterai. Jika telah terjadi overheat, cepatlah untuk mematikan smartphone kamu supaya proses pendinginan bisa berlangsung dengan cepat.

Menggunakan Aplikasi dengan Bijak

Jika dari tadi kita hanya melindungi bagian luar smartphone, maka cara merawat smartphone berikutnya adalah dengan bijak dalam menggunakan aplikasi di smartphone. Menggunakan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone juga akan berdampak buruk pada smartphone kamu. Hal itu dikarenakan sistem smartphone akan bekerja ekstra supaya aplikasi yang kamu gunakan bisa berjalan dengan baik. Jika hal ini terlalu sering di lakukan, maka bisa berdampak buruk untuk smartphone kamu.

Rutin Membersihkan Smartphone

Jangan pernah malas untuk membersihkan smartphone kamu dari debu dan kotoran yang menempel. Ada beberapa cara aman untuk membersihkan smartphone. Misalnya saja dengan menggunakan tisu basah untuk membersihkan smartphone dari kotoran. Atau lebih baik lagi menggunakan tisu beralkohol agar smartphone kamu bersih dari kotoran dan kuman yang menempel.

Nah, itulah beberapa cara merawat smartphone agar awet dan bisa di gunakan untuk jangka panjang. Bijaksana dalam menggunakan smartphone adalah cara paling ampuh untuk merawat smartphone kamu supaya dapat di gunakan selama mungkin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *