Tips Rakit PC

6 Tips Rakit PC yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips Rakit PC – Merakit PC bisa di bilang gampang-gampang susah. Hal itu di karenakan kita harus mengetahui apa saja komponen yang di butuhkan dalam merakit PC dan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan. Apalagi untuk orang-orang yang masih awam dalam hal ini tentu akan merasa kebingungan harus mulai dari mana dari apa yang harus di lakukan pertama kali.

Saat ini ada banyak kebutuhan dalam merakit PC mulai dari untuk kebutuhan mengetik, bermain game, pekerjaan, editing dan server. Semua kebutuhan tersebut membutuhkan komponen yang berbeda sehingga kita harus pandai dalam memilihnya. Nah, supaya kamu tidak salah maka pada artikel kali ini kami memiliki sejumlah tips rakit PC yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips Merakit PC yang Sesuai Kebutuhan

Setidaknya ada 6 hal penting yang perlu di perhatikan ketika kamu ingin merakit sebuah PC. 6 Hal ini wajib di perhatikan terutama untuk yang baru pertama kali merakit PC. Berikut ini tips rakit PC yang wajib untuk kamu ketahui.

Tentukan Budget yang di Butuhkan

Hal pertama sekaligus yang paling penting sebelum rakit PC adalah menentukan budget yang kamu butuhkan. ada 7 komponen yang akan kamu beli untuk merakit PC. Setiap komponen memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung dari merk, seri dan spesifikasi komponen itu sendiri. Nah supaya dana yang ada tidak habis untuk membeli komponen maka kamu perlu menentukan budget yang di butuhkan. Karena nantinya kamu pun harus membeli peripheral lain seperti monitor, keyboard dan mouse.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memahami kebutuhan juga menjadi salah satu tips rakit PC yang wajib di perhatikan. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, ada banyak kebutuhan dalam merakit PC, di antaranya seperti untuk bermain game, editing foto dan video, pekerjaan hingga untuk kebutuhan server. Dengan memahami kebutuhan, kamu bisa memilih komponen yang tepat dan sesuai dengan budget kamu.

Perhatikan Harga Komponen

Tentu kamu sudah mengetahui jika merakit PC itu membutuhkan budget yang tidak sedikit, oleh sebab itu kamu harus teliti dalam memilih harga setiap komponen. Memang ada banyak sekali merk yang muncul di pasaran. Makannya kamu harus berjuang mencari komponen yang murah yang sesuai dengan kantong. Murah bukan berarti kamu boleh asal beli komponen.

Hindari Merk tidak Jelas

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, jika kamu harus jeli dalam membeli komponen yang murah. Murah di sini bukan berarti kamu asal beli komponen dari merk yang tidak jelas. Pilihlah komponen murah dari merk yang memang sudah sangat terpercaya. Karena merk yang sudah punya nama besar pasti memiliki kualitas yang bagus dan yang paling penting adalah memiliki garansi yang jelas.

Pilih yang Memiliki Garansi Panjang

Tips rakit PC yang berikutnya adalah memperhatikan garansi dari komponen yang ingin di gunakan. Setiap merk memiliki masa garansi yang berbeda-beda. Namun untuk RAM biasanya memiliki garansi seumur hidup. Jadi jika RAM yang kamu gunakan mengalami kerusakan dan sudah di gunakan selama 5 tahun maka akan tetap mendapatkan ganti yang baru. Komponen yang memiliki garansi pendek malah akan membuat kamu tekor duluan. Maka dari itu di poin sebelumnya kami telah menyarankan untuk jangan asal pilih merk.

Prioritaskan Komponen yang Penting

Prioritaskan komponen yang paling penting seperti Motherboard, HDD, PSU, RAM dan GPU. Sedangkan untuk CPU itu kami anggap sudah jelas karena hanya ada dua merk terpercaya yang memproduksi CPU. Usahakan kelima komponen tersebut memiliki merk yang terpercaya karena semuanya saling berhubungan dan sangat krusial dan fatal jika kamu salah dalam memilih tipe dari masing-masing komponen.

Demikianlah pembahasan kami untuk tips rakit PC yang sesuai dengan kebutuhan. Merakit PC tidak boleh asal-asalan karena PC merupakan sebuah investasi dan pastinya akan kita gunakan dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *