Cara Menghemat Baterai HP Android

5 Cara Menghemat Baterai HP Android, Tahan Seharian

Cara Menghemat Baterai HP Android – Smartphone saat ini menjadi salah satu barang elektronik yang hampir di miliki semua orang. Fitur-fitur yang ditawarkan pada setiap smartphone nyatanya bisa memudahkan berbagai aktivitas manusia. Bahkan beberapa tahun belakangan ini perkembangan teknologi di bidang pembuatan smartphone semakin pesat.

Tetapi satu hal yang paling menyebalkan dan sering di alai oleh pengguna smartphone berbasis Android adalah baterai yang cepat sekali habis. Meskipun kebanyakan smartphone saat ini telah di bekali dengan kapasitas baterai supr besar, tapi tetap belum bisa menyelesaikan masalah yang satu ini. Maka dari itu kamu harus menunggu bagaimana cara baterai HP Android dapat bertahan seharian.

Cara Menghemat Baterai HP Android

Meskipun kini telah hadir teknologi yang bernama PowerBank yang bisa diisi ulang daya di mana saja, tapi tetap saja ini kesalahan solusi. Karena PowerBank membutuhkan isi ulang daya agar bisa di gunakan kembali. Makanya kamu perlu tahu cara baterai Android yang tidak bergantung pada PowerBank.

Menggunakan Mode Penghemat Baterai

Menyadari jika smartphone Android dengan kekurangan dari segi baterai yang cepat sekali habis. Para pembuat smartphone kini telah menyisipkan fitur penghemat daya yang tentu saja berguna untuk memberikan daya secara otomatis.

Biasanya fitur ini akan langsung aktif ketika baterai smartphone dalam kondisi 20%. Kamu juga bisa masuk ke mode pembelian baterai dengan cara pergi ke menu Setting > Battery > Battery Saver pengaturan smartphone android kamu.

Baca Juga : Yuk Kita Mengenal Apa Itu NFC pada Smartphone

Periksa Aplikasi yang Sedang Berjalan

Terlalu Banyak aplikasi yang berjalan juga jadi faktor terbesar mengapa baterai smartphone android kamu cepat sekali habis. Maka dari itu kamu harus rutin mengecek aplikasi apa saja yang berjalan secara otomatis tanpa kamu sadari.

Kamu bisa langsung masuk ke menu Setting > Battery > Battery Usage. Kemudian lihat aplikasi mana saja yang paling banyak mengkonsumsi daya smartphone. Jika perlu hentikan atau bahkan uninstall aplikasi yang boros baterai android. 

Disable Aplikasi Bawaan

Salah satu hal yang paling menyebalkan dan pasti di alami oleh kebanyakan pengguna smartphone adalah adanya aplikasi bloatware. Aplikasi bloatware adalah aplikasi bawaan smart[hone yang sengaja di pasang oleh pihak vendor dan menyebalkannya aplikasi ini tidak bisa di hapus.

Padahal aplikasi bawaan ini banyak yang tak berguna dan jarang terpakai, malah menyebabkan baterai Android jadi cepat habis. Namun kamu bisa melakukan disable terhadap aplikasi bloatware ini dengan cara masuk ke menu Setting > Application > Pilih App > Disable App.

Berhati Hati Install Aplikasi

Ada baiknya kamu berhati hati ketika ingin install aplikasi baru pada Android kesayangan kamu. Selalu baca keterangan dari aplikasi yang hendak di install dan lihat apa saja yang dibutuhkan aplikasi ketika sudah terpasang di android kamu.

Beberapa aplikasi justru malah akan membuat baterai android cepat habis karena selalu melakukan ping lokasi untuk android kamu. Maka dari itu hindari untuk memasang aplikasi semacam ini sebagai salah satu cara menghemat baterai Android kamu.

Gunakan Launcher yang Ringan

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk menghemat baterai android adalah dengan menggunakan launcher yang ringan. Launcher memang dapat membuat tampilan smartphone kamu menjadi keren dan beda dari yang lain.

Tapi di sisi lain launcher semacam ini juga berdampak pada konsumsi daya yang cukup besar. Maka dari itu kami sarankan untuk menggunakan launcher bawaan atau launcher ringan yang tentunya lebih hemat daya karena sedikit mengkonsumsi daya smartphone kamu.

Nah, itulah beberapa cara menghemat baterai HP Android agar mampu bertahan seharian tanpa bergantung pada PowerBank. Beruntungnya kita karena saat ini sudah banyak vendor smartphone yang menciptakan fitur fast charging, sehingga proses pengisian daya bisa jadi lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *