Wireless-Teknologi Keren yang Sangat Bermanfaat

Wireless-Teknologi Keren yang Sangat Bermanfaat

Wireless-Teknologi Keren yang Sangat Bermanfaat

Dewasa ini, teknologi komunikasi wireless terus mengalami perkembangan. Dari yang awalnya hanya dikenal melalui beberapa perangkat saja, saat ini sudah banyak digunakan untuk berbagai jenis barang elektronik.

Sayangnya, meski sudah sering menggunakannya, namun tidak banyak yang paham apa itu teknologi wireless. Nah, jika Anda termasuk salah satunya, yuk cari tahu melalui ulasan berikut.

Apa itu Teknologi Wireless?

Wireless adalah teknologi yang menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk komunikasi atau transmisi informasi dalam jarak tertentu tanpa menggunakan kabel. Komunikasi dan informasi ini ditransmisikan melalui udara, tanpa memerlukan kabel. Sehingga digunakanlah gelombang elektromagnetik seperti frekuensi radio, inframerah, satelit, dan lain-lain dalam penggunaannya.

Kelebihan Teknologi Wireless

Perkembangan teknologi wireless memberikan berbagai macam manfaat bagi kehidupan. Adanya teknologi wireless sangat meringankan dan mendukung aktivitas sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari teknologi wireless:

  1. Tidak memerlukan kabel

Sesuai dengan namanya, wireless atau jaringan nirkabel tidak memerlukan kabel. Selama ini, penggunaan kabel dinilai kurang praktis dan menyulitkan. Selain itu, penggunaan kabel juga sangat kurang nyaman dilihat. Namun dengan menggunakan wireless, biaya operasional juga dapat diminimalisir.

  1. Dapat digunakan di berbagai perangkat mobile dan elektronik

Penggunaan wireless sangatlah fleksibel karena dapat digunakan diberbagai perangkat mobile dan elektronik. Umumnya, penggunaan wireless mengacu pada komputer dan laptop.

Namun, saat ini teknologi wirelesss juga banyak dipakai pada alat komunikasi seperti smartphone dan tablet. Beberapa perangkat elektronik seperti headset, microphone dan speaker juga mulai menggunakan metode wireless.

  1. Memiliki kecepatan transfer data yang cukup stabil

Teknologi jaringan saat ini sangat mendukung kecepatan transfer data secara wireless. Jika dibandingkan dengan teknologi kabel, dapat dikatakan bila kecepatan transfer pada teknologi wireless cenderung lebih stabil. Sinyal ini juga dapat ditingkatkan melalui antena atau alat penguat sinyal lainnya.

  1. Dapat diaplikasikan pada jaringan yang lebih luas

Luas area yang dapat dijangkau jaringan nirkabel jelas lebih luas. Berbeda dengan jaringan kabel yang membutuhkan banyak kabel untuk membangun jaringan yang luas. Tak tanggung-tanggung, jaringan wireless ini bahkan dapat menghubungkan Anda ke seluruh dunia.

  1. Meningkatkan produktivitas

Pemanfaatan teknologi wireless pada berbagai perangkat teknologi dapat membuat pengguna menjadi lebih produktif dalam beraktivitas. Sebagai contoh, adanya smart TV dan smartphone yang support screen mirroring, sehingga dapat digunakan untuk melakukan meeting online. Teknologi wireless pada speaker dan earphone juga mendukung kebutuhan komunikasi dan hiburan secara efisien dimana saja.

Kekurangan Teknologi Wireless

Sayangnya, teknologi wireless ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut ini:

  1. Membutuhkan biaya yang mahal

Memang benar bila wireless mampu menekan biaya kabel, namun saying, dalam pengembangannya ternyata membutuhkan biaya yang cukup banyak. Apalagi jika ingin mengaplikasikannya dalam jangkauan yang lebih luas. Perangkat keras yang dibutuhkan juga lebih mahal dari penggunaan kabel.

  1. Cuaca yang buruk dapat mengganggu performa wireless

Secara umum teknologi wireless memiliki performa sinyal yang baik. Hanya saja, performa ini sangat dipengaruhi oleh cuaca yang sedang terjadi.

Seperti yang Anda ketahui, jaringan wireless menggunakan udara dalam mentransmisikan data. Sehingga saat cuaca buruk proses transmisi data akan terganggu. Banyaknya sekat atau tembok tebal juga dapat mempengaruhi sinyal.

Saat ini, perkembangan teknologi wireless sangatlah cepat. Ada berbagai manfaat yang dapat Anda rasakan saat menggunakannya. Meski di samping itu ada beberapa kekurangan yang tetap harus ditanggung pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *