Koneksi WiFi yang terputus saat menyelesaikan deadline atau menikmati streaming drama Korea dapat menjadi situasi yang sangat menjengkelkan.
Namun, sebelum menghubungi customer service First Media, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mengecek dan memperbaiki masalah jaringan. Berikut adalah panduan lengkapnya:
Sebelum melaporkan gangguan ke First Media, penting untuk mengecek status jaringan WiFi terlebih dahulu. Terdapat dua cara yang bisa digunakan, yaitu melalui website resmi atau aplikasi My FirstMedia.
Ada dua alamat website yang dapat diakses untuk mengecek status jaringan:
Sebelum menggunakan aplikasi, unduh dan instal aplikasi My FirstMedia di ponsel, baik melalui Google Play Store maupun App Store. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:
Setelah mengecek status jaringan dan menemukan adanya laporan gangguan, langkah selanjutnya adalah melakukan troubleshooting mandiri melalui website dan aplikasi My FirstMedia.
Jika menggunakan cek.firstmedia.com, masuk dengan ID Pelanggan, lalu klik Refresh Modem atau Refresh STB.
Jika menggunakan my.firstmedia.com, login dengan username dan password, lalu klik tulisan “Klik DISINI jika Layanan Anda mengalami masalah”. Anda akan diarahkan ke halaman bantuan dan dapat memilih bantuan yang paling relevan dengan kendala yang dihadapi.
Masuk ke aplikasi My FirstMedia, lalu pilih “Troubleshooting” pada dashboard. Anda dapat memilih “Internet” untuk troubleshooting gangguan internet atau “TV” untuk gangguan TV kabel.
Untuk gangguan internet, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih opsi refresh untuk melakukan refresh modem. Namun, jika setelahnya kendala masih terjadi, klik No.
Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman dengan daftar kendala yang mungkin sedang dihadapi, mulai dari modem tidak menyala, modem menyala tetapi tidak ada koneksi, jaringan lambat, hingga cara reset modem.
Jika sudah mencoba beberapa opsi troubleshooting tetapi belum juga mendapatkan solusi, segera laporkan ke layanan pelanggan First Media. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan, mulai dari aplikasi, email, call center First Media, hingga media sosial.
Jika memilih menggunakan aplikasi My FirstMedia, ikuti langkah troubleshooting di atas dan klik “No” sampai menemukan tombol “Submit Ticket”. Setelah tiket pengaduan dibuat, pengguna tinggal menunggu Customer Service menghubungi untuk melakukan pengecekan.
Status keluhan dapat dilacak melalui menu My Case, termasuk riwayat komplain, baik yang masih on going maupun yang sudah closed atau selesai.
Layanan pelanggan First Media juga dapat dihubungi melalui email. Kirim email dengan format nama pengguna, nomor ID Pelanggan, nomor telepon, dan kendala yang sedang dihadapi.
Tulis ‘Pengajuan Keluhan’ pada bagian subjek email, lalu kirim ke alamat [email protected].
Biasanya, email akan dibalas dalam waktu 1 x 24 jam.
Selain melalui aplikasi My FirstMedia dan email, pengguna dapat menghubungi layanan pusat atau call center First Media di nomor (021) 2559 6595 atau (021) 1500 595.
Selain melaporkan gangguan, informasi mengenai tagihan dan paket berlangganan juga dapat ditanyakan melalui layanan pusat ini.
Alternatif lain untuk melaporkan kendala jaringan WiFi First Media adalah melalui akun resmi di berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan X (sebelumnya Twitter).
Caranya cukup mudah, cukup kirim pesan lewat fitur Direct Message ke akun @FirstMediaCares.
Admin media sosial FirstMedia akan memberikan tanggapan serta solusi sesuai dengan kendala yang dihadapi.
Menghubungi call center First Media dapat menjadi solusi yang lebih cepat untuk mengatasi gangguan WiFi. Namun, jika kendala yang dihadapi membutuhkan pengecekan detail oleh teknisi, pihak Customer Service akan membantu menghubungi teknisi untuk melakukan pengecekan ke lokasi sesuai dengan alamat pemasangan.
Jadi, tidak perlu panik jika mengalami gangguan jaringan First Media. Melakukan beberapa langkah troubleshooting mandiri terlebih dahulu dapat menghemat waktu dan mendapatkan solusi yang lebih cepat.