Apa Itu M-Banking ?

Apa Itu M-Banking ?

Apa Itu M-Banking, dan Apa Saja Keunggulan Serta Kekurangannya?

Saat ini teknologi telah mendigitalisasikan berbagai hal. Salah satunya adalah layanan bank yang seakan wajib dimiliki para pengguna smartphone, apa lagi kalo bukan m-banking.  Tahukah Anda apa itu m-banking? Yuk, kita cari tahu bersama.

Terlalu sibuk dengan pekerjaan atau aktifitas lain hingga lupa untuk melakukan pembayaran seperti tagihan listrik rumah, air, ataupun kartu kredit memang sangat merepotkan. Ditambah lagi kondisi di luar rumah yang tidak mendukung untuk pergi ke ATM, seperti hujan. Padahal transaksi pembayaran harus dilakukan dengan segera.

Kini Anda tidak perlu pusing lagi karena banyak bank yang sudah menyediakan layanan M-Banking. Mobile Banking atau yang biasa disebut dengan M-Banking merupakan sebuah layanan dari bank dalam bentuk mobile, yang memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi. Untuk mengaksesnya, nasabah hanya perlu mengunduh layanan ini di smartphone.

Dengan adanya layanan m-banking, nasabah bank dapat melakukan berbagai transaksi tanpa Batasan waktu dan lokasi. Mulai dari transfer, isi pulsa, token listrik, pembayaran tagihan secara elektronik seperti listrik, paket internet, TV kabel, pembelian dan top up dompet digital seperti OVO, Dana, Gopay, hingga LinkAja. Bahkan pembayaran pajak dan asuransi Kesehatan pun dapat dilakukan menggunakan m-banking.

Pengguna juga dapat melakukan pengecekan saldo dan riwayat transaksi perbankan melalui m-banking. Selain itu, m-banking juga melayani penggantian PIN ATM, memberikan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan sesuai dengan keinginan pengguna, menyediakan informasi ATM atau kantor cabang terdekat, dan memberikan pengetahuan mengenai aktivitas penggunaan transaksi keuangan.

Secara umum, cara kerja m-banking ini sama dengan layanan bank lainnya, hanya saja semua layanan yang diberikan bisa diakses secara online melalui smartphone.

Setelah mengunduh aplikasi m-banking, nasabah diharuskan mendaftarkan akun m-banking terlebih dahulu ke kantor cabang terdekat. Setelah terdaftar, segala transaksi baru bisa digunakan. Pastikan Anda login memasukkan userID, password, dan PIN yang sudah dibuat saat pendaftaran tadi.

Kelebihan M-Banking

Layanan M-Banking diciptakan untuk memberikan kemudahan pada para pengguna layanan perbankan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari layanan M-Banking yang dapat dirasakan oleh seluruh nasabah:

  • Dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun.
  • Memiliki jangkauan koneksi yang lebih luas.
  • Memiliki fitur sederhana dan mudah dimengerti oleh semua kalangan pengguna.
  • Dibandingkan dengan internet banking, biaya yang dikenakan umumnya lebih rendah.
  • Aman dan dapat meminimalisir resiko penipuan.
  • Dalam bertransaksi tidak perlu datang ke bank atau ATM sehingga pengguna dapat menghemat waktu dan biaya.
  • Hanya dengan menggunakan smartphone, nasabah dapat menggunakan berbagai layanan, asalkan terhubung dengan jaringan internet, sehingga lebih efisien dan tidak perlu mengantri.
  • Pengguna dapat melakukan beberapa transaksi dalam satu waktu sekaligus.

Kekurangan M-Banking

Selain kelebihan, M-Banking juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut ini:

  • Layanan M-Banking rentan akan penipuan oleh hacker, caranya dengan menghubungi pengguna dan menyamar sebagai intitusi keuangan yang menanyakan detail rekening bank, atau yang biasa disebut dengan penipuan smishing.
  • Untuk dapat menggunakan layanan M-Banking, pengguna membutuhkan smartphone dengan spek tertentu agar dapat mengaksesnya.
  • Pengguna diharuskan memiliki jaringan internet yang kuat untuk bisa mengakses layanan m-banking.
  • Saat smartphone pengguna hilang atau dicuri, fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi dapat dengan mudah di hack.
  • Rentan atas resiko pencurian data.
  • Proses pendaftaran nomor rekening baru untuk transfer biasanya akan dikenai biaya SMS.
  • Untuk sebagian orang, adanya layanan M-Banking dapat membuat pengeluaran menjadi lebih boros

Layanan ekstra dari industry perbankan ini memang memiliki banyak kelebihan, juga kekurangan. Usahakan untuk tetap bijak dalam menggunakan layanan m-banking ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *