Apa Itu Android ?

Apa Itu Android ?

Mengenal Apa Itu Android, OS Dengan Jumlah Pengguna Terbanyak Saat Ini

Hai, sobat tekno! Di era teknologi yang semakin maju ini, tentu banyak di antara Anda yang sudah move on dari ponsel jadul dan beralih menggunakan smartphone. Saat ini Android telah merajai pasar smartphone di seluruh dunia. Banyak orang menggunakannya baik untuk kegiatan sehari- hari hingga untuk kebutuhan pekerjaan. Hanya saja, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu Android.

Android merupakan salah satu sistem operasi berbasis mobile turunan Linux yang banyak digunakan pada smartphone ataupun tablet. OS ini juga menyesuaikan dari spesifikasi yang low-end hingga high-end. Sistem operasi sendiri dapat dianalogikan sebagai nyawa dari sebuah smartphone. Tanpa adanya sistem operasi, smartphone kita tidak dapat digunakan.

Siapa Pengembang Pertama Android?

Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Silicon Valley yang diberi nama Android Inc. Melalui Open Handset Alliance, beberapa keunggulan ditawarkan oleh perusahaan ini, seperti system yang lengkap, termasuk OS utama, middleware hingga aplikasinya.

Android Inc merupakan perusahaan yang didirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White pada tahun 2003 silam dan bermarkas di Palo Alto, California.

Awalnya, Android digunakan untuk kamera digital. Setelah menyadari peluang untuk berkembang lebih besar di perangkat mobile, Android pun didapuk untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile. Namun karena suatu alasan, pengembangan Android saat itu dilakukan secara tersembunyi.

Saat ini android menjadi milik Google, lebih tepatnya sejak tanggal 17 Agustus 2005 Google memboyong Android Inc dalam naungannya, dan pada tahun 2007 Google mulai memperkenalkan Android.

Siapapun diperbolehkan untuk menggunakan Android dan Google tidak memungut biaya untuk itu, karena Android bersifat open source. Sehingga banyak perusahaan yang menggunakan sistem operasi ini.

Google sendiri mendapatkan keuntungan dari aplikasi Android yang diunggah ke Play Store dan dari iklan yang muncul saat aplikasi pada Android dijalankan.

Aplikasi android sendiri dapat dikembangkan dengan menggunakan sebuah software bernama Android Studio. Aplikasi ini merupakan IDE atau Intergrated Development Environment resmi yang memiliki banyak fitur guna meningkatkan produktivitas dalam pembuatan aplikasi.

Kelebihan Android Dibanding OS Lain

Android memiliki banyak kelebihan, seperti penggunaannya yang mudah dan dapat disesuaikan. Sehingga tak heran jika dalam jangka waktu singkat, Android sudah popular di seluruh dunia. Berikut ini paparkan beberaa kelebihan Android lainnya.

  • Android merupakan sistem operasi open source

Kelebihan terbesar dari android adalah sistem operasi open source yang menjadikan source code terbuka untuk semua. Sehingga pengembang dan produsen dapat mengakses dan membuat perubahan yang diperlukan sesuai dengan kompabilitas hardware.

Dengan open source ini, para developer mobile juga dapat dengan mudah mempelajari sistemnyanya, sehingga aplikasi untuk Android saat ini sangat beragam. Google juga mendapatkan saran dan feedback dari para pengembang, penguji, dan produsen guna kemajuan pengembangan sistem operasi Android

  • Mudah dalam mengembangkan aplikasi

Anda dapat mengembangkan aplikasi Android dengan mudah dan mencantumkannya di PlayStore tanpa perlu membayar biaya pengembangan yang besa. Dengan begitu Anda dapat terus mengembangkan aplikasi tanpa batasan jumlah aplikasi.

  • Widget

Dalam hal fungsionalitas, widget atau program mandiri sangatlah berguna karena widget membantu memberikan user experience yang lebih baik, dan memberikan fungsi navigasi yang mudah. Widget juga menambah fleksibilitas pada perangkat Android sehingga mudah dioperasikan dan sangatlah user friendly.

Kini pengguna jadi tahu apa itu Android dan apa saja kelebihan dan manfaatnya. Bagaimana dengan pendapat Anda, apakah aplikasi Android banyak menawarkan kelebihan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *