Cara Agar Laptop Tetap Cepat

5 Cara Agar Laptop Tetap Cepat dan Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tetap Cepat – Perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia akan perangkat komputer telah melahirkan sebuah perangkat baru yang bernama Laptop. Berbeda dengan komputer, laptop adalah perangkat yang bisa di bawa ke mana saja namun tetap memiliki kemampuan layaknya sebuah komputer. Tak heran jika banyak orang lebih memilih menggunakan laptop daripada komputer untuk berbagai kebutuhan.

Layaknya perangkat gadget pada umumnya, laptop pun bisa mengalami sebuah penurunan performa yang di akibatkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor usia dari laptop itu sendiri hingga faktor yang di sebabkan dari pengguna itu sendiri yang asal-asalan dalam memasang program ke dalam laptop. Agar performa laptop kamu bisa terus cepat, maka kamu perlu tahu bagaimana cara agar laptop tetap cepat dan tidak lemot ketika di gunakan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Tentu kamu pasti akan merasa kesal jika performa laptop tiba-tiba menurun secara drastis, apalagi jika laptop yang kamu gunakan tersebut masih tergolong baru. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan penurunan performa pada laptop. Nah, berikut ini kamu akan memberikan solusi agar laptop kamu tetap kencang dan tidak lemot.

Upgrade ke SSD

Upgrade ke SSD menjadi hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menjaga performa laptop kamu tetap kencang. Di tahun 2020 ini rasanya sudah tak zaman lagi untuk menggunakan HDD yang memiliki ukuran besar serta bobot yang berat. SSD selain mampu meningkatkan performa laptop juga bisa mempercepat proses booting serta lebih hemat daya listrik. Tak hanya itu saja SSD juga memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat ketimbang HDD.

Uninstall Software tidak Terpakai

Cara agar laptop tetap cepat berikutnya adalah dengan melakukan uninstall ke semua software yang tidak terpakai. Salah satu kebiasaan terburuk pengguna laptop adalah meng-install software yang sebenarnya tidak terlalu di butuhkan. Terlalu banyak meng-install software justru akan membuat Dtive C di laptop menjadi cepat penuh. Akibatnya sistem menjadi lebih lambat dalam membaca perintah. Maka dari itu bijaklah dalam meng-install software ke dalam laptop demi menjaga performanya tetap kencang.

Gunakan Software Seperlunya Saja

Penggunaan software secara berlebihan dan dalam waktu yang bersamaan akan membuat kapasitas RAM menjadi penuh dan mengakibatkan performa laptop menjadi lambat. Maka dari cara agar laptop tetap cepat adalah dengan menghentikan semua software yang sedang berjalan. Kamu bisa close satu persatu software yang sedang berjalan secara bersamaan dan hanya menjalankan software yang memang benar-benar kamu butuhkan.

Gunakan Software yang Sesuai Spesifikasi

Banyak pengguna laptop yang tak memahami spesifikasi dari laptop nya sendiri. Alhasil banyak dari mereka yang meng-install dan menjalankan software yang sebenarnya kurang kompatibel untuk laptop yang di gunakan. Dampak dari hal ini adalah sistem akan bekerja dengan keras untuk menjalankan software tersebut dan mengakibatkan performa laptop menjadi menurun. Selain menurunkan performa, laptop juga akan rentan mengalami overheat karena memaksa sistem untuk bekerja ekstra keras.

Rutin Scanning Vitus

Virus dan malware juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan performa laptop menjadi turun drastis. Sebab ada beberapa virus yang bisa mengakibatkan memori RAM menjadi penuh dan dampaknya tentu saja adalah penurunan performa laptop. Maka dari itu agar performa laptop tetap kencang kamu harus rutin untuk melakukan scanning virus. Ada begitu banyak software yang bisa di gunakan misalnya saja seperti Avira Anti Virus dan Avast.

Nah, itulah tadi cara agar laptop tetap cepat dan tidak lemot saat di gunakan. Selain hal-hal di atas, satu hal yang tidak kalah penting adalah merawat laptop itu sendiri agar tetap aewt dan memiliki performa yang sama ketika baru membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *