3 Cara Membuka File PDF yang Terkunci Dengan Mudah

Banyak data yang orang perlukan dalam berbagai macam pekerjaan. Anda dapat menggunakan data untuk keperluan sekolah hingga bekerja. Namun, bukan berarti data hanya ada dalam bentuk word saja. Ada berbagai macam ekstensi data lainnya seperti PDF. Sayangnya, ada beberapa yang terkunci sehingga memerlukan cara membuka file PDF yang terkunci

Anda dapat membuka PDF yang sudah terkunci dengan menggunakan cara yang tepat. Ada beberapa orang yang mengunci dokumen agar tidak dapat dibuka oleh semua orang. Hal ini dilakukan dengan tujuan keamanan untuk data. Untuk beberapa orang yang ingin melakukan akses pada data, agak sulit jika tidak tahu caranya. Yuk, simak lebih lanjut untuk cara membuka data!  

3 Cara Membuka File PDF yang Terkunci 

Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda gunakan untuk membuka data dengan menggunakan laptop atau juga ponsel. Berbagai macam data PDF yang sudah terkunci dapat dibuka dengan mudah jika memanfaatkan langkah yang sesuai. Cukup gunakan berbagai macam cara yang sesuai untuk membuka file. Berikut ini daftar langkah yang dapat Anda gunakan untuk membuka PDF: 

Gunakan Google Chrome 

Langkah mudah yang dapat Anda gunakan untuk membuka file adalah memanfaatkan Google Chrome.  Banyak orang yang menggunakan cara ini karena dianggap paling efektif. Anda dapat langsung menggunakan fitur cetak dalam perangkat. Cukup memilih file PDF yang ingin Anda buka. Jika sudah, Anda dapat langsung klik kanan dan masuk ke laman open with. Pilih Chrome. 

Setelah itu, Anda juga dapat menekan kanan lagi pada file dan langsung lanjutkan dengan ketik print. Dengan mencetak keluar data yang dikunci, Anda akan melihat isi data. Cara ini dapat membantu file PDF terbuka secara otomatis. Jadi, Anda tidak harus tahu sandi untuk membuka data yang diinginkan. 

Manfaatkan ILovePDF 

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memanfaatkan aplikasi. Selain menggunakan Chrome dalam cara membuka file PDF yang terkunci, Anda juga dapat menggunakan langkah lainnya. Banyak yang memilih aplikasi sesuai seperti IlovePDF untuk dimanfaatkan. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan lakukan unlock untuk membuka data yang terkunci. 

Gunakan Adobe Acrobat 

Tentunya, masih ada aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk membuka data. Langsung saja gunakan Adobe Acrobat sebagai pilihan yang tepat. Aplikasi ini cukup canggih dan mempunyai banyak pengguna. Bahkan, pengguna lebih dari 500 juta orang. Cari file yang terkunci dan masuk ke bagian Properties. Langsung saja pilih menu permission dan juga security untuk membuka data. 

Jika sudah, Anda dapat masuk ke bagian no security option. Masuk lagi ke dalam menu untuk membuka dokumen yang diinginkan. Anda dapat langsung memilih pada menu remove password in security method. Jika sudah,  data akan langsung terbuka tanpa perlu memanfaatkan password.  Anda cukup simpan file PDF sesuai dengan keperluan sendiri. Jadi, tidak butuh kata sandi untuk data. 

Beberapa langkah tersebut dapat Anda manfaatkan dengan baik dalam cara membuka file PDF yang terkunci. Anda juga dapat mengecek informasi lainnya terkait dengan perangkat seperti software wajib install.

Leave a Comment