Monitor PC Terbaik untuk Desain dan Game

Monitor PC Terbaik untuk Desain dan Game
Vazgaming

Untuk memainkan sebuah game dengan kapasitas berat, hingga menggunakan PC untuk keperluan desain. Maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya yaitu penggunaan monitor PC untuk desain dan game ini.

Karena meskipun terlihat sepele, pemilihan monitor PC ini juga bisa mempengaruhi Anda dalam bermain game, maupun dalam menyelesaikan proyek desain Anda. Apa saja monitor PC yang memang sangat sesuai untuk desain dan juga game ini? Yuk simak informasinya berikut ini!

Daftar Monitor PC untuk Desain dan Game Terbaik

Monitor PC yang bisa digunakan untuk desain dan juga game tentunya harus berbeda dengan monitor PC yang sering Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sehari-hari. Hal ini tentunya berkaitan dengan resolusi, ukuran layar, refresh rate, tipe panel dan juga waktu respon yang ditampilkan.

Maka dari itu, jika Anda merupakan seorang desainer grafis maupun seorang gamer, memilih monitor memang perlu diperhatikan. Selain memikirkan mengenai hard drive, processor dan juga memory dari PC itu sendiri.

Pada umumnya, monitor yang diperuntukkan untuk game dan juga desain ini minimal memiliki resolusi sekitar 1080 Pixel. Sementara untuk fresh rate-nya memang bervariasi. Namun disarankan untuk memilih monitor yang memiliki fresh rate yang tinggi. Misalnya sekitar 144HZ.

Sebagai rekomendasi bagi Anda, dibawah ini akan diberikan beberapa daftar monitor untuk desain dan game terbaik yang bisa menjadi pilihan bagi Anda. Diantaranya:

1.Monitor untuk Desain                

Untuk keperluan editing dan juga desain grafis, monitor PC yang dibutuhkan biasanya berkaitan dengan tampilan warna yang ditawarkan. Pada umumnya, untuk standar kualitas warna terbaik ini mengacu pada standar warna yang ditetapkan secara internasional.

Dalam arti, beberapa monitor untuk desain grafis ini haruslah yang telah memiliki sertifikat standar warna yang juga dikenal dengan istilah color gamut. Beberapa jenis color gamut yang biasanya ditampilkan pada monitor PC untuk desain grafis ini diantaranya sRGB, Adobe RGB, NTSC dan juga DCI-P3.

Bagi Anda yang kini tengah mencari monitor untuk desain dengan harga murah, selain Anda bisa membaca monitor murah terbaik untuk desain. Anda juga bisa memilih salah satu dari beberapa monitor untuk desain berikut ini. Diantaranya:

A. Monitor HD

Monitor High Definition atau yang dikenal dengan monitor HD merupakan jenis monitor yang menampilkan resolusi gambar yang disesuaikan dengan ukuran layar (monitor). Dimana biasanya monitor HD memiliki ukuran resolusi seperti 720p, 1080p, 1140p, 4K dan resolusi dengan angka 8K.

Pada umumnya, monitor PC yang disarankan untuk kebutuhan desain grafis yaitu sekitar 1080 pixel. Dimana dengan resolusi tersebut, gambar akan ditampilkan dalam ukuran 1920 pixel x 1080 pixel. Dimana resolusi dengan angka tersebut sering disebut juga dengan istilah full HD.

Baca Juga : Monitor HD untuk desain dan game

Berikut ini adalah beberapa monitor HD untuk desain grafis terbaik. Diantaranya:

1.BenQ GW2270H 22”

Monitor PC dengan jenis HD yang satu ini memiliki ukuran layar sekitar 22 inch, dengan tipe layar berbentuk LED. Sementara warna display yang ditampilkan bisa mencapai sekitar 1 juta warna. Bukan hanya itu saja, monitor PC yang satu ini juga dirancang secara khusus dengan bezel yang sangat tipis.

Selain itu, monitor PC BenQ GW2270H 22” ini juga memiliki teknologi yang dinamakan eye care dan juga low blue light technology. Sementara untuk native ratio yang dimilikinya yaitu 3000 : 1, serta panel performance sekitar 8 bit.

Jika Anda bertanya tentang harganya, sebenarnya harga dari monitor PC untuk desain dan game yang satu ini terbilang terjangkau. Dimana harga monitor PC untuk desain grafis yang satu ini dibanderol sekitar Rp 1.570.000,-.

2. Lenovo X24 Pro 23.8”

Di posisi kedua ada yang dinamakan dengan monitor PC yang merupakan keluaran Lenovo yang dikenal dengan nama Lenovo X24 Pro 23.8”. Bisa dibilang, monitor PC yang memiliki ukuran layar sekitar 23.8 inch ini merupakan salah satu monitor PC yang memiliki kemampuan dalam mengenali hingga merespon wajah penggunanya.

Bukan hanya itu saja, monitor PC Lenovo X24 Pro 23.8” ini juga memiliki desain yang sangat tipis. Lalu bagaimana dengan resolusi gambar HD yang ditampilkan? Untuk menunjang pekerjaan desain grafis yang Anda jalani saat ini, maka monitor PC Lenovo X24 Pro 23.8” ini memiliki resolusi sekitar 1920 pixel x 1080 pixel, yang memang sangat sesuai untuk pengerjaan desain grafis.

Untuk harganya, monitor PC Lenovo x24 Pro 23.8’ yang memiliki standar warna sRGB ini yaitu sekitar 3,6 juta rupiah. Kelebihan lainnya dari monitor PC yang satu ini yaitu bisa menghasilkan sekitar 4,7 juta warna dalam satu tampilan. Sementara untuk layarnya, monitor PC yang satu ini memiliki fitur anti radiasi (anti silau) yang memberikan rasa aman dan nyaman pada mata Anda saat menatap layar monitor ini.

3. ASUS VP28UQG

Selanjutnya ada monitor PC untuk desain dan game dari ASUS yang dikenal dengan nama ASUS VP28UQG. Bukan hanya untuk desain grafis saja, sebenarnya ASUS VP28UQG ini juga cocok digunakan bagi Anda yang senang bermain game.

Sementara untuk spesifikasi yang dimilikinya, monitor PC yang memiliki ukuran resolusi layar sekitar 3840 pixel x 2160 pixel ini bisa menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Bukan hanya itu saja, dengan waktu respon yang sangat cepat yaitu sekitar 1 ms, membuat monitor ini layak menjadi pilihan bagi Anda untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang berkaitan dengan desain grafis.

Meskipun memang harga yang ditawarkan untuk monitor ini cukup mahal, yaitu sekitar Rp 6.350.000,-. Namun hal ini sebanding dengan performa yang dimiliki oleh monitor PC untuk desain keluaran ASUS ini.

4. Samsung C27FG70

Monitor PC selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk menyelesaikan pekerjaan desain grafis Anda yaitu monitor PC keluaran Samsung dengan kode C27FG70. Di pasaran, monitor PC Samsung C27FG70 ini dibanderol cukup mahal, yaitu sekitar Rp 5.850.000,- hingga Rp 11.603.000,-.

Dengan layar berukuran sekitar 27 inch, monitor PC keluaran Samsung ini menggunakan panel layar IPS. Sementara untuk resolusi gambar yang dimilikinya yaitu sekitar 1920 pixel x 1080 pixel. Sedangkan refresh rate yang ada pada monitor ini yaitu sekitar 144HZ, dengan aspek rasio sekitar 16:9.

B.Monitor PC untuk Desain dengan Tipe Curve  

Semakin canggihnya teknologi, hal ini juga memunculkan berbagai inovasi baru. Tak terkecuali dalam pembuatan monitor PC. Jika biasanya Anda sering melihat monitor dengan layar datar. Maka kini Anda juga bisa menggunakan monitor PC dengan bentuk melengkung (curve).

Beberapa monitor PC untuk desain dengan bentuk curve ini diantaranya:

1.Samsung 24” C24F390 Curved LED Wide Screen

Bukan Samsung namanya jika tidak mengikuti perkembangan teknologi terkini. Salah satunya dengan Samsung 24” C24F390 Curved LED Wide Screen, yang dibanderol sekitar Rp 2.320.000,-. Dengan panel type VA, monitor PC curved yang satu ini memiliki ukuran layar sekitar 521.44mm x 293.28mm.

Sementara untuk aspek rasio yang dimilikinya dengan perbandingan 16:9, dan resolusi sekitar 1920 pixel x 1080 pixel. Bukan hanya itu saja, kelebihan lainnya dari monitor PC untuk desain dari Samsung ini juga terbilang hemat daya, yang mana daya konsumsi listrik sebesar 25 Watt saja.

2. Samsung LED 27 FHD Curved LC27R500FHE Bezel Less Design

Satu lagi monitor PC curved yang merupakan keluaran salah satu merk elektronik Korea Selatan Samsung. Namanya yaitu Samsung LED 27 FHD Curved LC27R500FHE Bezel Less Design. Sama halnya dengan Samsung 24” C24F390 LED Wide Screen, monitor PC yang satu ini juga sangat cocok digunakan untuk melakukan pengeditan, desain grafis hingga bermain game.

Monitor PC curve dengan ukuran sekitar 27 inci ini didesain dengan tanpa memiliki bezel, namun memiliki fitur freesync. Meskipun mungkin dengan layar melengkung ini terasa sedikit tak nyaman bagi yang belum terbiasa.

Namun sebenarnya monitor PC curve yang satu ini menawarkan kenyamanan dalam melakukan pengeditan dan desain grafis yang lebih terarah. Dimana Anda tidak perlu menggulirkan mata Anda ke sebelah kiri dan juga kanan monitor secara berulang-ulang.

Karena memang layar curved yang dikombinasikan dengan LED ini akan membuat gambar yang dihasilkan seolah terlihat seperti gambar dengan kualitas 3D. Belum lagi dengan layar yang ramping serta tidak adanya bingkai berbentuk U, membuat monitor Samsung dengan tipe ini memberikan pengalaman editing yang terbilang baru dan menyenangkan.

2. Monitor PC Terbaik untuk Game 

Selain untuk melakukan pekerjaan desain grafis, dalam ulasan mengenai monitor PC untuk desain dan game ini juga akan dibahas mengenai beberapa monitor PC yang sangat cocok digunakan oleh Anda yang merupakan seorang gamer.

Meskipun memang, sebagian besar monitor PC untuk desain biasanya sering digunakan untuk bermain game. Hal ini dikarenakan, spesifikasi monitor PC yang dibutuhkan untuk bermain game, hampir sama dengan monitor PC yang dirancang khusus desain.

Baik itu mengenai resolusi, refresh rate, waktu respon hingga tipe panel yang dimiliki oleh monitor PC tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca monitor HD untuk desain dan game. Jika sebelumnya membahas mengenai beberapa monitor PC untuk desain, maka kini Anda bisa menyimak beberapa daftar monitor PC yang cocok digunakan untuk gaming. Diantaranya:

A.Monitor PC Game Tipe HD

Bisa dibilang, hampir semua monitor PC untuk gaming ini telah didesain dalam bentuk High Definition (HD). Hal ini dikarenakan, resolusi yang ditampilkan oleh sebagian besar monitor PC untuk bermain game ini memiliki resolusi sekitar 1080 pixel. Dimana resolusi sebesar itu merupakan tipikal HD, bahkan dikenal sebagai full HD.

Beberapa monitor PC untuk game dengan kualitas HD ini diantaranya:

1.ViewSonic VX3211-4K-mhd

Dengan resolusi sebesar 4 K, yaitu sekitar 3840 pixel x 2160 pixel, tentunya membuat monitor PC yang satu ini layak dijadikan sebagai monitor PC yang bisa Anda gunakan untuk bermain game. Meskipun memang, fresh rate yang dimilikinya sekitar 60HZ, namun dengan waktu respon sekitar 3 ms yang ditawarkan, tak lantas membuat monitor PC yang satu ini menjadi terkucilkan dari monitor PC yang lainnya.

Hal ini bisa terlihat dari penjualannya di pasaran saat ini. Dimana meskipun harga yang ditawarkan cukup mahal, yaitu sekitar Rp 5.940.000,-. Namun monitor PC yang satu ini tak pernah berhenti untuk selalu diperebutkan. Khususnya bagi para gamer yang sering memainkan PS4 maupun PS5.

2. ACER KG241QS

ACER KG241QS bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan monitor PC untuk desain dan game dengan harga yang murah. Bahkan di beberapa tempat monitor bekas, monitor PC dengan kualitas second ditawarkan di bawah 2 juta rupiah saja.

Baca Juga : Monitor Gaming di Bawah 2 Juta

Bisa dibilang, dengan resolusi layar sekitar 1920 pixel x 1080 pixel, serta fresh rate sekitar 165HZ, membuat monitor PC dari Acer ini sangat cocok bagi Anda yang senang memainkan game berupa kompetisi. Bagaimana tidak? dengan kemampuan untuk mengatasi gambar yang terlihat kabur dan buram, ghosting, dan juga masalah afterimage.

Meskipun demikian, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, jika ingin menggunakan monitor PC yang satu ini. Salah satunya yaitu karena monitor PC untuk game yang satu ini menggunakan tipe panel TN. Maka tentu saja, Anda harus bisa membiasakan diri dengan kualitas warna serta rasio kontras, yang ditampilkan oleh monitor ACER KG241QS ini.

B. Monitor PC Curve untuk Bermain Game

Selain monitor PC dalam bentuk HD, monitor PC untuk game juga kini muncul dalam bentuk layar melengkung (curve). Beberapa diantaranya yaitu:

1.Xiaomi Curved Gaming Monitor 34”

Di urutan pertama sebagai monitor PC untuk gaming dalam bentuk curve yaitu Xiaomi Curved gaming Monitor 34”. Monitor jenis ini dijual dengan harga sekitar Rp 5.999.000,-. Meskipun demikian, harga mahal tersebut sebanding dengan spesifikasi dan juga performa yang dimiliki oleh monitor PC curve yang satu ini.

Dimana monitor yang satu ini memiliki layar dengan kapasitas wide, dengan ukuran layar sekitar 34 inch. Bukan hanya itu saja, dengan resolusi layar sekitar 3440 pixel x 1440 pixel, yang didukung dengan refresh rate sekitar 144HZ.

Tentunya hal ini telah bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kualifikasi sebagai monitor PC yang sangat cocok untuk aktivitas gaming. Kelebihan lainnya yaitu, monitor PC curve yang satu ini memiliki waktu respon sekitar 4 ms, serta panel dengan tipe SVA.

2. Armageddon Pixxel + Pro PC24HD 24”

Anda mencari monitor gaming dengan harga satu jutaan? Kiranya Armageddon Pixxel + Pro PC24HD 24’ adalah pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan oleh monitor PC khusus untuk game ini hanya sekitar 1,5 juta saja.

Baca juga : Monitor Gaming Satu Jutaan

Meskipun terbilang murah, namun monitor PC yang satu ini memiliki resolusi sekitar 1920 pixel x 1080 pixel, dengan fresh rate sekitar 75HZ. Bukan hanya itu saja, monitor PC curved yang satu ini juga memiliki kontras warna sekitar 3000:1, dengan waktu respon sekitar 5ms.

Demikian beberapa daftar monitor PC untuk desain dan game ini. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Apapun pilihan Anda, baik itu monitor PC dengan kualitas HD maupun curved. Anda tetap harus memperhatikan mengenai spesifikasi dari monitor PC tersebut.

Apakah memang sesuai untuk digunakan untuk bermain game maupun desain, ataukah tidak. Namun jika menyimak informasi diatas, semua monitor PC yang disebutkan diatas adalah monitor PC yang memiliki spesifikasi yang sangat kompatibel untuk gaming dan juga desain.

Leave a Comment