e-wallet dompet masa kini

E-wallet, Dompet Masa Kini yang Akan Memudahkan Transaksi Keuangan Anda

E-wallet, Dompet Masa Kini yang Akan Memudahkan Transaksi Keuangan Anda

Pesatnya perkembangan teknologi membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan praktis. Salah satu teknologi dalam transaksi keuangan atau pembayaran yang sedang hits adalah e-wallet atau yang lebih dikenal dengan dompet digital.

Nah, sebelum membahas lebih dalam terkait dompet digital ini, Anda sudah tau apa itu e-wallet? E-wallet merupakan salah satu bentuk teknologi dalam bidang finansial yang menjadi alternatif metode pembayaran dengan memanfaatkan media internet.

E-wallet sendiri berbasis chip dan server. Untuk e-wallet yang berbasis chip biasanya berbentuk kartu seperti Brizzi, Flazz, dan e-Money. Sedangkan untuk yang berbasis server umumnya berbentuk aplikasi seperti GoPay, OVO, Dana, Jenius, LinkAja dan masih banyak lainnya.

Sistem Transaksi E-wallet

Bagaimanakah sistem transaksi dalam e-wallet? Dengan menggunakan e-wallet, segala transaksi pembayaran dari rekening pengguna pada penjual akan memotong saldo di rekening pengguna secara langsung.

Produk ini memungkinkan untuk melakukan pembayaran secara online dengan aman dan nyaman. Pengguna juga dapat menerima atau mengirim uang hanya dengan mencantumkan nomor telepon yang akan dituju atau dengan cara scan kode QR/barcode.

Hadirnya produk digital ini bermanfaat sebagai media penyimpanan uang dalam bentuk elektronik, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Kegiatan yang sedang banyak digemari seperti berbelanja online pun menjadi lebih mudah, efisien, aman, dan nyaman.

E-wallet juga dapat digunakan untuk transaksi secara offline seperti pembayaran di restoran dan di beberapa pusat perbelanjaan, mengingat fungsinya hampir sama dengan kartu kredit atau debit.

Saat ini, Indonesia memiliki sejumlah 38 aplikasi yang telah terdaftar di Bank Indonesia. Berdasarkan data dari Social & Statitica, pada tahun 2018, Fintech nominal transaksi menggunakan e-wallet sudah mencapai 22.338 juta dollar AS. Jumlah tersebut bahkan dipastikan akan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dibarengi dengan jumlah pengguna e-wallet yang semakin menjamur.

Manfaat Menggunakan E-wallet

Sebagai inovasi terkini dalam bidang finansial, e-wallet tentu memiliki berbagai manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat menggunakan e-wallet:

  1. Transaksi menjadi lebih mudah, praktis, dan efisien

Dengan menggunakan e-wallet, Anda tidak lagi perlu membawa banyak uang tunai, kartu debit atau kredit. Hal ini dikarenakan e-wallet dapat digunakan dalam berbagai transaksi seperti isi ulang pulsa dan paket data internet, belanja online, membayar tagihan listrik dan tagihan lainnya, transportasi umum dan online, transfer uang, membayar pajak dan asuransi, dan lain sebagainya.

  1. Ada banyak promo dan diskon

Ada banyak promo dan diskon menanti para pengguna e-wallet. Promosi seperti point reward, cashback, tambahan produk gratis, hingga berbagai promo khusus bisa Anda dapatkan secara mudah, bahkan tanpa syarat.

  1. Transaksi lebih aman dan resiko yang dimiliki lebih rendah

Selama password atau PIN dirahasiakan dengan baik, uang yang ada dalam e-wallet tidak akan hilang walaupun ponsel hilang atau dicuri. Dengan demikian, saldo dalam e-wallet akan tetap aman di sistem.

  1. Dalam setiap transaksi terdapat riwayat transaksi

Adanya histori transaksi dalam e-wallet dapat mempermudah Anda dalam melacak ataupun menganalisis keuangan dalam sebulan. Fitur ini tentunya dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik.

  1. Bisa topup saldo di mana saja

Anda tidak perlu pusing saat saldo e-wallet habis karena top up e-wallet dapat dilakukan di mini market, sehingga pengguna tidak diharuskan memiliki rekening bank.

Terlepas dari kemudahannya, terkadang e-wallet juga dapat memicu perilaku konsumtif dan gaya hidup boros. Jadi gunakanlah e-wallet dengan sebaik-baiknya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *