Apa Itu WiFi

Apa Itu WiFi? Begini Sejarah dan Kelebihan & Kekurangannya

Apa Itu WiFi? Begini Sejarah dan Kelebihan & Kekurangannya

Anda tentu sudah tidak asing dengan kata “WiFi”, bukan? Kata-kata tersebut mungkin sudah sangat familiar dimana-mana, mengingat saat ini ada banyak tempat yang sudah menawarkan fasilitas WiFi. Bahkan di warkop pinggir jalan pun terkadang tertulis “WiFi gratis”. Jadi, apa itu WiFi? Yuk, cari tahu bersama-sama!

Banyak masyarakat yang mengenal WiFi sebagai media internet atau jaringan nirkabel seperti di warnet. Sebenarnya, WiFi atau Wireless Fidelity merupakan sebuah media transfer data tanpa kabel, yang digunakan dalam komunikasi data untuk mengirim ataupun menerima data dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Kecepatan WiFi didapatkan karena media penghantarnya berupa sinyal radio pada frekuensi tertentu. Di setiap daerah atau bahkan negara, kecepatan jaringan WiFi cukup beragam. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan kecepatan WiFi yang cukup lamban di banding negara lainnya.

Sejarah Singkat WiFi

Dalam sejarah, akhir tahun 1970 merupakan tahun pertama munculnya WiFi. Dengan teknologi IR, IBM dan perusahaan Hewlett-Packard (HP) mengeluarkan hasil penelitiannya dalam merancang WLAN atau wireless local area network untuk menguji WLAN RF. Sayangnya, pada saat itu kedua perusahaan hanya dapat mencapai kecepatan 100Kbps, sehingga tidak dapat memenuhi IEEE 802-1.

Standar WiFi diciptakan pada tahun 1997 oleh lembaga independen bernama IEEE. Lembaga IEEE membuat standar wireless local area network atau WLAN pertama dengan kode 802.11. Device yang sesuai dengan standar 802.11 ini dapat bekerja pada frekuensi 2,4GHz dan memiliki kecepatan transfer data 2Mbps.

Jaringan WiFi bekerja dengan menggunakan gelombang radio untuk dapat menghantarkan informasi. Komputer atau smartphone yang akan dihubungkan dengan WiFi harus memiliki adaptor nirkabel untuk menerjemahkan data informasi yang dibawa oleh gelombang radio.

Selanjutnya sinyal radio ini dikirim melalui antena yang akan diterima oleh router. Data akan tersambung ke internet melalui koneksi kabel Ethernet setelah data diterjemahkan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, WiFi yang dulunya hanya dapat digunakan untuk jaringan lokal saja, sekarang dapat digunakan untuk internet. Dengan menggunakan WiFi, Anda dapat bebas menjelajahi internet tanpa perlu khawatir jika data internet akan habis seperti saat menggunakan kuota.

Kelebihan dan Kekurangan WiFi

Seperti kebanyakan media teknologi, WiFi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh WiFi.

Kelebihan WiFi:

  • Produk WiFi tersedia di pasaran secara luas.
  • WiFi merupakan pilihan jaringan dengan harga paket ship terus-menurus, sehingga dapat dikatakan bahwa WiFi sangatlah ekonomis.
  • Mengurangi biaya penyebaran jaringan dan ekspansi, karena memungkinkan penggunaan LAN tanpa kabel atau WLAN.
  • WiFi menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4GHz, dikembangkan tanpa kabel, dan dapat mengirim serta menerima data dengan kapasitas mencapai 54Mbps.
  • Jaringan WiFi telah tersebar luas di lebih dari 250.000 titik di seluruh dunia.
  • Sudah banyak perangkat yang support dengan jaringan WiFi.
  • Praktis karena dalam penggunaannya dapat berpindah pindah tempat.

Kekurangan WiFi:

  • Memiliki rentang yang terbatas yaitu kisaran 150ft untuk indoor dan 300ft untuk
  • Keamanan datanya kurang, dikarenakan adanya kelemahan pada konfigurasi dan jenis enkripsi.
  • Penggunaan daya yang cukup tinggi sehingga baterai akan cepat habis dan panas.
  • Adanya keterbatasan operasional dan penyaluran gelombang di seluruh dunia yang tidak konsisten.
  • Memiliki risiko pencurian data informasi pribadi dan rahasia

Jadi bagaimana, kini Anda sudah tau apa itu WiFi, bukan? Ingat, pergunakan WiFi dengan sebaik mungkin untuk hal yang positif ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *