Apa Itu Virtual Account, dan Apa Fungsinya

Apa Itu Virtual Account, dan Apa Fungsinya?

Apa Itu Virtual Account, dan Apa Fungsinya?

Hobi belanja online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia atau Shopee? Tentu Anda sering menjumpai virtual account pada saat melakukan pembayaran. Namun apakah Anda tahu sebenarnya apa itu virtual account, kegunaan dan cara kerjanya? Berikut ulasan lengkapnya.

Beberapa tahun terakhir, industri di sector e-commerce meningkat drastis. Perkembangan teknologi memungkinkan pengguna marketplace bisa belanja berbagai macam produk, darimana pun dan kapanpun.

Pengembangan teknologi yang semakin maju juga banyak memberikan terobosan terbaru guna memudahkan proses transaksi di e-commerce, terutama dalam pembayaran.

Saat ini pembeli tidak hanya bisa melakukan transfer manual dengan uang cash atau melalui bank. Namun kini metode pembayaran yang ditawarkan marketplace sudah jauh lebih beragam, seperti transfer dari ATM, m-banking, hingga menggunakan aplikasi e-money seperti OVO, Dana, GO-Pay, dan Virtual Account.

Aplikasi-aplikasi ini tentu dapat mempermudah dan mempersingkat waktu, karena pembeli tidak perlu lagi mengantri di bank. Oleh karena itu, saat ini pembeli mulai beralih ke aplikasi atau virtual account agar proses pembayaran lebih cepat, praktis, efisien, dan aman. Ya, adanya fitur verifikasi otomatis membuat penggunanya tidak perlu lagi mengirim bukti pembayaran.

Mengenal Apa Itu Virtual Account

Setelah mengetahui apa kegunaan dari produk digital ini, lalu apa itu virtual account? Akun virtual atau virtual account adalah sebuah akun rekening sementara yang bisa digunakan dalam bertransaksi. Akun ini menggunakan nama akun fisik nyata yang memungkinkan berbagai jenis dan ukuran bisnis menerima pembayaran melalui transfer bank. Pengguna virtual account juga tidak diharuskan membuka rekening bank khusus.

Virtual ini juga memiliki fitur nomor, laporan transaksi, dan saldo sendiri. Disini pengguna virtual account juga dapat melakukan dan mengidentifikasi pembayaran. Berikut ini adalah bagaimana virtual account bekerja:

  1. Penjual memberitahukan pelanggan untuk membayar ke virtual account tertentu sesuai nominal transaksi yang dibuat.
  2. Setiap nomor virtal account langsung terhubung dengan pelanggan atau invoice.
  3. Seluruh pembayaran dari pelangga dan semua infomasi akan dikirim ke penjual, sehingga penjual dapat segera mengidentifikasi pembeli.

Manfaat Penggunaan Virtual Account

Penggunaan virtual account ini memiliki berbagai manfaat, baik itu untuk penjual maupun pembeli. Untuk para pembeli, dengan menggunakan virtual account, mereka dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan pembeli akan langsung mendapatkan satu nomor dengan nominal transaksinya.

Selanjutnya uang pembayaran akan langsung masuk ke akun penjual dengan pembukuan otomatis, sehingga pembeli tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran. Pembayarannya pun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Sedangkan untuk para penjual, penggunaan virtual account dalam transaksi pembayaran akan membantu mereka mendapatkan pembayaran lebih cepat. Uang yang didapatkan akan langsung masuk ke rekening secara real time dengan pembukuan otomatis.

Anda tidak perlu khawatir bila ingin menghubungkan invoice usaha dengan virtual account, karena saat ini ada berbagai bank yang menyediakan layanan virtual account seperti Bank BCA, Bank BNI, Bank, BRI, Bank Mandiri, Bank Maybank, Permata Bank, dan masih banyak.

Untuk mendapatkan layanan virtual account, Anda diharuskan memiliki nomor rekening giro perusahaan, dan juga alamat email valid sebagai sarana pengiriman informasi transaksi pada layanan virtual account.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, tentu tidak mengherankan apabila virtual account banyak digunakan dalam proses transaksi pembayaran saat ini. Dimana penjual ataupun pembeli sama-sama diuntungkan dengan proses transaksi yang jauh lebih cepat, efisien, dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *