Apa Itu iOS

Apa Itu iOS ?

Mengenal Apa Itu iOS, OS dari Apple yang Sangat Ekslusif

Saat ini, iOS dan Android termasuk system operasi dengan jumlah pengguna terbanyak. Hanya saja IOS merupakan sistem operasi yang cenderung lebih ‘eksklusif’ karena harganya cukup mahal. Tak heran jika para pengguna iOS umumnya dari kalangan menengah ke atas.

iOS atau iPhone Operating System yang sebelumnya bernama OS iPhone ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan khusus untuk perangkat iPhone oleh Apple, perusahaan yang juga membuat iPhone, iPad, dan juga MacBook.

Berbeda dengan Android yang merupakan sistem operasi dengan sifat open source. iOS sendiri dikembangkan secara tertutup dan hanya perusahaan Apple saja yang mengetahui source codenya. Jadi bisa dikatakan iOS bersifat close source.

Sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2007 dengan nama iPhone OS, bersamaan dengan diperkenalkannya iPhone 3G. Saat itu, Steve Jobs mengatakan bahwa iPhone OS menggunakan kode yang sama dengan OS X.

Versi pertama dari iPhone OS ini belum memiliki Apps Store, sehingga semua aplikasi yang ada di iPhone merupakan aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh Apple seperti mp3 player, browser, hingga kalkulator.

Keunggulan iOS Dibanding Sistem Operasi Lain

Seperti halnya Android yang memiliki banyak kelebihan, iOS juga menawarkan berbagai keunggulan yang tidak kalah keren. Berikut ini beberapa kelebihan dari iOS.

  • Fitur iCloud

Kelebihan dari iOS yang pertama adalah adanya fitur iCloud yang memungkinkan user membackup semua data, dan restore pada data perangkat secara cepat, yakni hanya dalam hitungan menit saja.

  • Mudah untuk digunakan

Yang kedua adalah kemudahan dalam penggunaan. iOS memiliki sistem operasi yang sederhana. Apple membuat antarmuka iOS yang ringan dan tidak menyulitkan pengguna.

  • Pembaruan tepat waktu

Kelebihan dari iOS yang ketiga yaitu pembaruan sistem yang dilakukan secara tepat waktu. iOS diciptakan untuk berbagai produk Apple, sehingga pihak Apple dapat melakukan pembaruan tepat waktu apabila perangkat iOS yang digunakan sudah memenuhi syarat yang ditetapkan

  • Keamanan iOS yang ketat

Jika dibandingkan dengan OS lain, iOS memiliki keamanan yang sangat ketat. Sehingga keamanan iOS dapat dibilang jauh lebih unggul dibandingkan OS yang lain. Keunggulan ini membuat virus maupun malware sulit masuk ke perangkat iOs.

Hal tersebut dikarenakan ekosistem perangkat iOS lebih tertutup dan memiliki Apps Store yang lebih ketat dibandingkan perangkat lainnya. Dalam hal ini Apple sangat mengontrol kualitas aplikasi yang ada di Apps Store.

  • Autentifikasi sangat mudah

Dengan adanya iOS 13, proses autentifikasi menjadi lebih mudah. Kehadiran iOS 13 dengan fitur Face IDE atau touch log in untuk masuk ke berbagai aplikasi juga membuat proses autentifikasi pada perangkat lebih akurat.

  • Fitur untuk memblokir panggilan spam

Pada iOS 13, Anda dapat menemukan fitur memblokir nomor yang tidak diketahui. Fitur ini sangatlah menarik, karena Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan pemblokiran terhadap panggilan spam dari nomor yang tidak dikenal

  • Garansi device internasional

Anda tidak perlu khawatir mengenai garansi atas perangkat iOS, sebab Apple memberikan garansi device internasional pada perangkatnya. Jadi pastikan Anda selalu membeli perangkat iOS pada gerai resmi ya!

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan di atas, tentu tidak mengherankan apabila iOS dikenal sebagai sistem operasi yang sangat mumpuni. Performa yang ditawarkan sangat sepadan dengan biaya yang harus dibayar.

Jadi, kini Anda tahu apa itu iOS dan apa saja kelebihannya, sangat menarik, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *