Konten kreator pada saat ini menjadi salah satu istilah pada suatu profesi yang digemari oleh kalangan anak muda saat ini. Kenapa ya ? Mungkin salah satu alasannya , menjalani aktivitas ini dapat menghasilkan sesuatu yang lumayan dan dalam aktivitas ini bisa dijalani dengan santai dan menyenangkan.

Lalu apa yang dibutuhkan untuk Menjadi seorang Konten kreator ? kalo menurut saya ada 2 hal yang dibutuhkan , yaitu “Ide” dan “Perangkat”.

Hal pertama untuk memulai menjadi seorang konten kreator adalah ide, seorang konten kreator harus memikirkan ide orisinal dan menentukan karya kreatif apa yang akan diciptakannya.

Hal kedua adalah perangkat , kenapa Perangkat ? karena alat itu merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mendukung idemu yang telah ditetapkan dan mewujudkannya.

Mungkin ada banyak perangkat yang bisa digunakan untuk menyalurkan idemu itu. Tapi disini saya akan mengulas salah satu perangkat yang bisa kamu gunakan dimanapun dan kapanpun kamu butuhkan. Yaps itu adalah sebuah Notebook.

Kenapa harus Notebook ? karena notebook bisa digunakan dimana saja dan kapan saja , dan lagi notebook juga hampir digunakan oleh semua konten kreator , mulai dari youtube , vlogger hingga blogger. Mereka semua menggunakan notebook untuk mewujudkan karyanya agar bisa dinikmati semua orang.

Disini saya ingin mengulas salah satu Notebook yang saya inginkan , yaitu ASUS ZenBook UX410UQ , yang katanya Notebooknya buat Kreator, Kenapa saya menginginkannya ? yuk mari dibaca artikel ini ya.

Design and First Look

Hal pertama yang kamu lihat dari Notebook ini pasti Desainnya yang tipis dan terlihat kesan Premium yang menyelimutinya. Kemudian ketika kamu mencobanya kamu akan merasakan Notebook ini Ringan dan nyaman untuk dibawa kemana saja.

Dengan ketebalan yang hanya 1,85 mm dan dibangun dengan bodi metal, ASUS ZenBook UX410UQ terasa kompak dan kokoh. Dengan semua yang dibawanya, bobot ZenBook UX410UQ ini cuman 1.4 kg. Pastinya pas banget buat kamu seorang konten kreator yang harus sering bepergian, dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Untuk Varian warna Asus menawarkan ASUS ZenBook UX410UQ dalam dua pilihan warna: Rose Gold dan Quartz Grey. Kedua pilihan warna yang ditawarkan terlihat profesional menurut saya.

Display

Layar menjadi salah satu pertimbangan para konten kreator , terkhususnya untuk desainer yang membutuhkan tingkat akurasi warna yang nyata untuk memvisualkan pencetakan pada medium lain.

Nah pada ZenBook UX410UQ telah menggunakan panel beresolusi Full HD (1920×1080). Layar tersebut memiliki bentang seluas 14 inci dengan panel NTSC atau besaran color gamut (adobe RGB) 72 persen dan nilai sRGB 100 persen.

Display-nya juga bertipe matte sehingga tidak akan memantulkan cahaya atau bayangan jika terpapar cahaya secara langsung. Panel layarnya tergolong memiliki tingkat akurasi warna yang bagus.

ZenBook UX410UQ memiliki viewing angle yang luas yakni 178 derajat , perangkat ini juga tampil cantik dengan bezel layar yang tipis yakni “6 mm”. Ini menjadikannya terlihat keren dan berkelas.

Keyboard

Di aktivitasmu sebagai konten kreator , telebih lagi jika kamu seorang content writer , blogger ataupun jurnalis maka kamu akan merasa nyaman dalam mengetik naskah ataupun tulisan yang kamu buat disini.

Karena pada ASUS ZenBook UX410UQ ini menggunakan Backlit keyboard yang bagus dan sangat empuk ketika ditekan sebab memiliki tingkat kedalaman tekanan 1,6mm.

 

Performance

 

Untuk sisi Performa , ASUS ZenBook UX410UQ ini ditenagai oleh Prosesor Intel Generasi ketujuh  i7-7500U atau disebut juga “Kaby Lake”.

Intel Core i7-7500U adalah processor dual-core ULV hemat daya yang bekerja dengan kecepatan 2.7 sampai 3.5 GHz lengkap dengan teknologi Hyper Threading supaya bisa bekerja sampai 4 thread sekaligus.

Dibandingkan dengan versi sebelumnya Core i7-6500U Skylake, i7-7500U ini clock speed-nya 400MHz lebih tinggi, dengan efisiensi penggunaan daya yang lebih baik.Di dalam Core i7-7500U ini juga sudah ada GPU bawaan berupa Intel HD Graphics 620 yang bekerja pada clock speed 300 – 1050 MHz

Perbandingan Performa
Perbandingan web Browser

GPU bawaan ini akan digunakan ketika menjalankan aplikasi Office, browsing internet, menonton film, dan pekerjaan lain yang tidak menuntut kinerja grafis yang berat. Ini supaya baterai bisa lebih hemat.

Intel Core i7-7500U ini dipasangkan dengan RAM sebesar 8GB bertipe DDR4 2133MHz SDRAM. Dan ketika kamu bermain Game ataupun bekerja berat maka Asus ZenBook UX410UQ akan menggunakan NVIDIA GeForce 940MX untuk mengambil alih urusan grafis-nya dengan bekal 2GB VRAM bertipe GDDR3.

Storage

 

Untuk para konten kreator pastinya memilih jenis penyimpanan apa yang akan digunakan , terutama youtuber , mereka membutuhkan sebuah perangkat yang bisa maksimal baik dari Prosesor maupun Storagenya.

Nah disini ASUS ZenBook UX410UQ telah didukung oleh kombinasi SSD dan HDD.   Untuk ukurannya, SSDnya sebesar 128 GB dan HDDnya sebesar 1 TB.

Dengan adanya SSD ini jeda waktu menyalakannya pun akan lebih cepat , membantumu dalam menyimpan atau memuat file-file dan dokumen yang besar sangat cepat dan Proses Rendering yang tentunya akan lebih cepat dibandingkan dengan hardisk biasa.

Port and Connectivity

ASUS ZenBook UX410UQ memiliki port konektivitas yang cukup lengkap. Dilihat dari sisi kanan ada  2 Buah USB 2.0 dan SD Card Reader. Sedangkan disini kiri ada 1 Buah USB 3.0 , HDMI , USB Type-C dan Port Audio serta Konektor Pengisian Daya.

Seperti diketahui, dengan menggunakan port USB 3.0, proses transfer data akan meningkat jauh lebih cepat 10 kali lipat dibanding USB 2.0. Selain itu port HDMI menambah kelangkapan konektor yang dapat digunakan untuk menghubungkan laptop dengan monitor lebih besar.

Selain itu, untuk konektivitas ZenBook UX410UQ telah didukung Tipe Wi-Fi terbaru yaitu Wi-Fi 802.11ac. Tipe Wi-Fi ini memiliki keunggulan yakni dapat menawarkan kecepatan transmisi data yang sangat tinggi, hingga mencapai 1300Mbps. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan transmisi data Wifi berbasis 802.11b/g/n yang maksimum hanya mencapai 450MBps saja.

Sementara Konektivitas nirkabel lainnya yang disematkan yakni Bluetooth® 4.1 , memiliki keunggulan memiliki konsumsi daya yang lebih kecil sehingga akan menghemat baterai serta memiliki jangkauan transmisi data yang lebih jauh dengan jarak lebih dari dari 100 meter.

Sound

 

Hal lainnya yang dibutuhkan oleh seorang Konten Kreator adalah Suara. Kenapa Suara ? karena sebuah karya yang baik pastilah didukung oleh suara yang baik juga.

Nah disini tim ASUS Golden Ear bekerjasama dengan Harman Kardon, menciptakan kemampuan hardware superior dan software yang dedesain secara luar biasa, memastikan ZenBook UX410 memberikanmu pengalaman suara terbaik.

Battery

Berkat penggunaan Intel Core i7-7500U yang hemat dan efisien soal penggunaan daya, baterai Asus ZenBook UX410UQ ini bisa bertahan lebih dari 8 jam.

Sementara di Pengisian daya Laptop ini dilengkapi dengan charger 65 Wh dan hingga mengisi penuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit.

Fitur Unggulan Lainnya

ASUS Splendid
Teknologi ini mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Sehingga, apapun aktivitas yang kamu lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup.
  • Normal Mode adalah, mode dimana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.
  • Eye Care Mode adalah mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama.
  • Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.
  • Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.
Windows 10 Home
ASUS ZenBook UX410UQ telah dilengkapi Windows 10 Home Pra-Instal , jadi bagi kamu yang ingin membeli ini ga perlu khawatir lagi mengeluarkan dana lebih untuk membeli Sistem Operasi yang dibutuhkan.

Spesifikasi
Spesifikasi Lengkap

Prosesor Intel® Core™ i7 7500U Processor
Sistem Operasi Windows 10 Home
Chipset Integrated Intel® CPU
Memori 8 GB DDR4 2133MHz SDRAM Onboard Memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion
Display 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 72% NTSC with 178˚ wide-viewing angle display
Grafis NVIDIA GeForce 940MX , with 2GB GDDR3 VRAM
Storage Hard Drives:
1TB 5400RPM SATA HDDSolid State Drives:
128GB SATA3 M.2 SSD
Keyboard Chiclet keyboard
Optional Illuminated Chiclet Keyboard is available
Card Reader Multi-format card reader (SD/SDHC)
WebCam HD Web Camera
Networking Wi-Fi
Integrated 802.11 AC
Interface 1 x COMBO audio jack
1 x USB 3.1 Type C port(s)
1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
Audio Support Windows 10 Cortana
ASUS SonicMaster Technology
Baterai 3 Cells 48 Whrs Battery
Adaptor Daya Plug Type :ø4 (mm)
Output :
19 V DC, A, 65 WInput :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi 323 x 223 x 18.95 cm (WxDxH)
Berat 1.4 kg with Battery
Sekuritas BIOS Booting User Password Protection
Security lock

 

After Sales

Garansi 2 tahun dan dukungan layanan after sales yang luas untuk area indonesia.

Untuk masalah garansi ini saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya , belum lama ini saya mengclaim garansi HP Zenfone 3 Saya karena mengalami Ghost Touch di Service centre Mangga dua , dari perkiraan waktu akan memakan waktu 2 minggu , tapi dalam waktu seminggu ternyata saya sudah dikabari dan HP saya sudah selesai. Menurut saya ini merupakan salah satu Keunggulan ASCnya karena begitu cepat dan baik dalam melayani keluhan penggunanya.

Kesimpulan

Dihargai sekitar 15 Jutaan , ASUS ZenBook UX410UQ Sangat mumpuni untuk para Kreator , dari Desain yang Tipis dan Menarik, Hingga Prosesor yang dioptimalkan untuk daya tahan baterai dan Performa yang Mumpuni menjadikannya salah satu Notebook terbaik dikelasnya. tapi sekali lagi pilihan tergantung kamu. dan Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Jangan Lupa tinggalkan Komentar ya

#ASUSxIntel #ASUSLaptopKu #ASUSAja #Intel
Source :
https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-UX410UQ/

Asus Zenbook UX410UQ (UX3410UQ) review – multimedia notebook in a portable package

Bluetooth 4.1: what is it and why should you care?

The complete list of Intel Kaby Lake (Kabylake) portable laptops and ultrabooks

Share.

About Author

4 Comments

Leave A Reply